Tags

, , , , ,

Cooking With You by Yoana Dianika“I want the hunger for love and beauty to be in the depths of my spirits, for I have seen those who are satisfied the most wretched of people. I have heard the sigh of those in yearning and longing, and it is sweeter than the sweeter melody.” – Kahlil Gibran – A Tear and a Smile

Kalimatmu saat One Day cooking membuatku terkesiap. Menggaung di otak kecilku, bercokol di sana, dan membungkam bibirku. Ada sesuatu yang membuatku ingin menangis saat itu, tentang kenangan lama, yang tidak akan pernah terlupa. Jadi, kalau saat ini aku berharap, apakah salah? Apakah sekarang semua sudah terlambat? Termasuk dalam memahami perasaanku sendiri. Karena yang kuinginkan hanya satu. Tidak hanya satu hari, tapi memasak bersamamu seumur hidupku.

Seperti judulnya, novel yang ditulis oleh Yoana Dianika ini bertema tentang dunia masak memasak. Tema ini merupakan salah satu tema yang paling saya suka selain tema detektif atau misteri. Sebelumnya saya pernah membaca novel Yoana yang berjudul Last Minute in Manhattan dan jujur saja saya tidak menyukai novel tersebut karena tokoh utama wanitanya agak lebay dan ceritanya terasa dibuat-dibuat sehingga tidak realistis. Saya pun jadi ragu-ragu untuk membaca karya Yoana yang lainnya. Saat saya membaca novel ini, saya selalu berdoa mudah-mudahan isinya tidak seperti novel Last Minute in Manhattan

“Cooking is like love. It should  be entered into with abandon or not at all. – Harriet Van Horne” – halaman 67

Cooking With You berkisah tentang seorang gadis bernama Zuri yang jatuh cinta dengan seorang lelaki misterius bernama Errol. Zuri yang sangat gemar memasak pastry tak akan pernah menyangka kalau Errol yang selama ini ia kenal sebagai surfer adalah seorang chef ternama yang menjadi juri lomba memasak yang diikuti oleh Zuri. Errol yang misterius ternyata menyimpan banyak sekali rahasia yang membuat Zuri tak henti-hentinya dibuat shock.

Memang ada banyak sekali twist dan juga kejutan di dalam novel ini sehingga cerita tidak akan mudah ditebak. Saya sendiri saat sudah membaca ¾ bagian saja masih dibuat bertanya-tanya akan ada kejutan apa lagi padahal endingnya sih mudah sekali ketebak. Meski ada banyak sekali kejutan, namun entah kenapa saya merasa agak bosan membacanya. Mungkin karena penjelasan tentang dunia pastry yang terlalu berbelit-belit atau alurnya yang terlalu lama. Saya rasa tak perlu 350 halaman untuk menuntaskan kisah cinta Zuri dan Errol ini.

Dari segi karakter Zuri memang sudah oke menurut saya. Namun, karakter Errol saya tidak suka. Entah karena memang dibuat plin plan dan seenaknya sendiri atau bagaimana. Pokoknya hati saya tidak terpesona oleh sosok Errol. Padahal menurut saya lelaki yang bisa memasak, apalagi yang berprofesi sebagai chef itu terlihat sangat seksi dan menawan. Tapi hati saya tidak tersentuh sama sekali dengan karakter Errol.

Sangat sayang sekali. Padahal saya sangat suka tema masak memasak, tapi sepertinya novel ini tidak bisa memuaskan hati saya. Jika ingin dibandingkan dengan novel-novel dengan tema memasak yang sudah saya baca seperti Sweet Nothings karya Sefryana Khairil dan Walking After You karya Windry Ramadhina, novel ini masih berada di bawah keduanya. Untuk Cooking With You terpaksa saya hanya bisa memberi bintang tiga.

Judul Buku: Cooking With You

Penulis: Yoana Dianika

Penerbit: Bentang Pustaka

Tahun Terbit: 2013

Jumlah Halaman: 350 halaman

