Tags

, , , , , , ,

 

The Chronicles of Audy O2 by Orizuka“Seperti oksigen, keluarga ada di sekitarmu, di setiap tarikan napasmu, mengalir dalam darahmu. Walaupun kamu nggak selalu bisa lihat, tapi kamu tahu keluarga selalu ada bersamamu.” – halaman 283

Hai. Namaku Audy.

Umurku masih 22 tahun. Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai cowok yang kusukai memutuskan untuk sekolah ke luar negeri.

Ketika aku sedang berpikir tentang nasib  hubungan kami, dia memintaku menunggu.

Namun ternyata, tidak cuma itu. Dia juga memberikan pernyataan yang membuatku ketakutan setengah mati.

Di saat aku sedang kena galau tingkat tinggi, masalah baru (lagi-lagi) muncul.

Seseorang yang tak pernah kulirik sebelumnya, sekarang meminta perhatianku!

Ini adalah kronik dari kehidupanku yang sepertinya akan selalu ribet.

Kronik dari seorang Audy.

Finally, seri pamungkasnya keluar juga. Benar-benar sabar menanti buku keempat ini terbit sampai-sampai ikutan PO (niat banget deh pokoknya) karena dibuat penasaran setengah mati sama Audy yang bakalan jadi sama siapa, saya masih labil ikutan #TeamRomeo atau #TeamRexGarisKeras. Begitu sampai bukunya di rumah langsung cuz dibaca dalam beberapa jam saja (kena syndrom kepo parah soalnya). Setelah seri ketiganya yang berjudul The Chronicles of Audy 4/4 sukses membuat hati terbolak-balik, kali ini seri keempatnya pun sukses bikin hati terjun payung.  

Audy Nagisa, seorang mahasiswi yang di buku-buku sebelumnya masih berkutat dengan skripsi yang nggak kelar-kelar karena hidupnya selalu penuh konflik dengan 4R (Regan, Romeo, Rex, dan Rafael) ini akhirnya bisa menyelesaikan skripsinya dan tinggal menunggu sidang saja. Audy masih dengan sikap galaunya yang luar biasa itu dibuat lebih galau sama Rex (sumber kegaluan Audy) yang sebentar lagi akan kuliah di luar negeri. Rex mengatakan sesuatu yang bikin Audy benar-benar terkejut (saya juga sih). Hal yang tak pernah diduga sebelumnya dan membuat saya memandang Rex dari sisi yang berbeda.

Di buku ini Regan tidak terlalu aktif diceritakan karena dia sedang berbulan madu dengan Maura jadi cerita terfokus pada 3R lainnya. Rafael yang menemukan tempat bersekolah yang sesuai dengan kemampuannya. Romeo yang jadi norak minta ampun karena sering menggoda Audy. Plus Rex yang menurut saya lebih banyak mengalami konflik batin karena keluarganya dan juga Audy (kasian Rex).

“Terkutuklah Romeo dan mulut asal bunyinya.” – halaman 87

Bagian awal buku diisi dengan perkembangan hubungan Romeo-Audy yang seperti Tom&Jerry. Sikap usil dan norak Romeo terhadap Audy ternyata membuat gadis itu salah tingkah. Awalnya saya suka sekali melihat mereka berdua. Saya sempat jadi #TeamRomeo sehingga sangat memfavoritkan couple ini, namunnnn ternyataaa setelah mas Romeo membuat saya berasa di atas langit, ia menjatuhkan hati saya langsung ke dalam jurang. Sampai saat saya menulis review ini, saya masih merasa kesal dan tak terima dengan perlakuan Romeo. Pffttt!

Moveonlah ke #TeamRexGarisKeras. Seperti pada buku-buku sebelumnya, saya sebenarnya tak terlalu memfavoritkan Rex, tapi lama kelamaan saya merasa kasihan pada Rex. Apalagi di buku keempat ini Rex mengalami kemajuan karakter yang bikin saya ‘INI BENAR REX?’ Dia rela melakukan banyak hal untuk Audy. Saya sampai terharu dibuatnya, Rex ternyata benar-benar berusaha agar Audy menerimanya. Tapi memang dasar Audynya saja yang lebih mementingkan 3R dibanding Rex.

“Kalau ini mengganggu banget buatmu, aku bisa berusaha.” – halaman 115

“Tapi aku juga pengin kamu me-mahamiku sedikit lebih baik. Sedikit saja.” – halaman 116

Ada banyak sekali moment yang sangat berkesan dalam buku ini seperti saat Rex dan Rafael berkebun. Rafael terlihat sangat senang sekali bisa berkebun dengan Rex, begitu juga sebaliknya. Lalu pada saat Romeo menangis karena ternyata ia tak rela melepas Rex pergi kuliah di luar negeri. Saat Rex ulang tahun, Romeo sengaja memutar video Rex sejak kecil sehingga 4R teringat orangtua mereka. Wah, pokoknya ada banyak moment menyentuh yang memorable banget di buku ini. Membacanya bisa mengajarkan kamu banyak hal tentang keluarga dan memaknai apa arti hubungan saudara.

Berat rasanya melepas seri terakhir The Chronicles of Audy ini. Saya tidak bisa mengucapkan selamat tinggal pada 4R1A -> Regan, Romeo, Rex, Rafael, dan juga Audy. Rasanya nggak kepingin seri ini tamat. The Chronicles of Audy ini merupakan seri terbaik Indonesia yang pernah saya baca. Lima bintang full untuk Orizuka yang sudah menghadirkan kisah 4R1A. Terima kasih.

Judul Buku: The Chronicles of Audy O2

Penulis: Orizuka

Penerbit: Penerbit Haru

Tahun Terbit: 2016

Jumlah Halaman: 364 halaman

 

Advertisements