Tags

, , , , , ,

 

The Chronicles of Audy 4R by OrizukaJudul Buku: The Chronicles of Audy 4R

Penulis: Orizuka

Penerbit: Penerbit Haru

Tahun Terbit: 2013

Jumlah Halaman: 320 halaman

Hai. Namaku Audy. Umurku 22 tahun.

Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu.

Aku hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjanaku. Selangkah lagi!

Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu. Jadi sekarang, di sinilah aku berada. Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya: Regan, Romeo, Rex dan Rafael.

Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter, dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu!

Terdengar klise?

Mungkin, bagimu. Bagiku? Musibah!

Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang mendadak jadi ribet. Kronik dari seorang Audy.

Novel ini merupakan seri pertama The Chronicles of Audy series yang sebenarnya sudah saya baca beberapa bulan yang lalu, tapi belum nulis reviewnya karena nunggu seri keempatnya yang baru keluar Juni 2016 ini. Jika biasanya Orizuka menulis cerita tentang percintaan remaja, kali ini ia menulis tentang keluarga.

Audy Nagisa seorang gadis berusia 22 tahun yang kuliah di jurusan Ilmu Hubungan Internasional UGM. Saat kuliahnya tinggal satu semester, ia terjebak sebuah situasi rumit dalam hidupnya. Ayahnya tertipu sebuah investasi bodong hingga jatuh miskin sehingga ia tidak bisa lagi mengirimi Audy uang untuk kuliah dan kost di Yogyakarta. Mau tak mau Audy mencari pekerjaan sambilan jika ingin menyelesaikan kuliah dan membayar biaya hidup selama di Yogyakarta.

Dari sebuah iklan di koran, ia akhirnya melamar pekerjaan sebagai babysitter di sebuah rumah yang dihuni oleh empat orang laki-laki, Regan, Romeo, Rex, dan Rafael. Regan adalah anak pertama yang sangat bertanggung jawab. Ia menafkahi semua adik-adiknya sejak kedua orang tua mereka meninggal dua tahun yang lalu. Sikapnya sangat ramah dan baik hati sehingga membuat Audy jatuh cinta padanya. Meski ramah dan baik, ia ternyata sangat licik karena lelaki berusia 26 tahun itu memperalat Audy menjadi pembantu rumah tangganya.

Anak kedua bernama Romeo ini usianya sama dengan Audy. Ia memiliki sikap seenaknya sendiri, urakan, dan playboy. Anak ketiga bernama Rex yang masih berusia 17 tahun. Rex merupakan anak genius yang pendiam, ketus, dan tidak suka bersosialisasi. Meski menderita asma, ia selalu menjaga dirinya sendiri agar tidak merepotkan kedua kakaknya. Sedangkan anak terakhir adalah Rafael yang akan diasuh oleh Audy. Rafael yang berusia 5 tahun ini juga tergolong anak genius seperti Rex sehingga perkataan yang keluar dari mulutnya bukan seperti anak umur lima tahun. Pikirannya juga jauh lebih dewasa sehingga ia sering meledek kemampuan berpikir Audy yang jauh di bawahnya.

Awalnya Audy tidak betah dan ingin berhenti kerja karena tidak tahan menghadapi 4R alias Regan, Romeo, Rex, dan Rafael. Tapi ia mencoba memahami kondisi mereka berempat dengan mulai memahami karakter dan kepribadian 4R. Audy pun merasa menjadi salah satu bagian keluarga dari mereka. Namun hidup Audt tak selamanya berjalan dengan mulus, saat ia mulai bisa beradaptasi dengan 4R, berbagai masalah menghadangnya. Mulai dari cinta tak berbalasnya hingga keluarganya yang selalu saja berbuat ulah. Ingin tahu kelanjutan kisah Audy? Baca saja yah seri pertama The Cronicles of Audy 4R ini.

Okay, kita mulai bahas satu persatu mulai dari covernya yang menurut saya sangat simple namun lucu. Awalnya saya kira bakal menemukan cerita ala-ala abegeh saat melihat covernya, namun ternyata saya salah. Benarlah kalau cover itu bisa menipu. Hahaha. Ceritanya sangat keluarga sekali. Saya bisa merasakan perasaan Audy yang berempati pada 4R. Karakter Audy sebenarnya agak annoying yah karena dia labil sekali. Namun di situlah letak khasnya. Karakternya Audy jadi sangat kuat dan dominan. Karakter-karakter 4R juga sangat kuat. Alurnya juga sangat mengalir bagus. Dari semua tokoh yang ada di sini, saya paling suka Rex yang terlihat cool untuk seumuran anak SMA. Meski perkataannya kadang ketus, namun hatinya sangat baik. Rafaelnya juga unyu dan bikin gemes saat dia manggil Audy dengan sebutan ‘Au’ saja. Pokoknya saya sukses dibuat jatuh cinta sama 4R ini. Sukses buat Orizuka. Saya kasih lima bintang pakai jempol tangan.

 

Advertisements