Tags

, , , , , , ,

Rapuh by Dodi Prananda“Ada kebohongan dan kejujuran yang senantiasa mengelilingi kita. Begitu indahnya, sehingga kita tak tahu mana lagi batasan jelasnya. Antara diterima atau ditolak. Semuanya abu-abu. Ada skenario di antara sandiwara. Semua yang kita lihat dengan mata kepala sendiri, justru tidak pernah mencapai realita sesungguhnya. Ada skenario dan ada sandiwara. Skandal.”

Novel ini memang sebenarnya lebih cocok jika diberi judul skandal daripada rapuh. Kenapa? Karena memang banyak skandal dalam ceritanya. Novel yang ditulis oleh lelaki kelahiran 1993 ini sempat membuat saya shock karena ending twistnya yang luar biasa. Rapuh menceritakan tentang seorang lelaki bernama Bian yang dilanda dilema cinta. Hubungannya dengan kekasihnya, Sonia yang semakin memburuk membuatnya kehilangan kepercayaan atas apa arti cinta yang sebenarnya.

Kisah cinta Bian dan Sonia tidak terlalu banyak diceritakan di sini. Justru menurut saya, Bian malah lebih sering menceritakan tentang adiknya yang bernama Gesa. Gesa memiliki pacar yang bernama Bagas. Bian tahu kalau Bagas adalah seorang playboy sejati yang suka bergonta-ganti pacar. Ia juga suka membuat onar. Berhubung Gesa keras kepala, Bian tidak ingin ikut campur dengan hubungan Gesa dan Bagas.

“Setahuku, cinta itu putih, bersih, suci, dan murni. Maka terkutuklah bagi mereka yang mengingkarinya.” – halaman 27

Ada banyak skandal yang terjadi di sini. Mulai dari perselingkuhan Bagas dengan Sonia, lalu pembantu Bian yang bernama Mayang yang suka ngutil dan bercinta dengan sopir tetangga yang sudah memiliki anak dan istri, hingga perselingkuhan Bian sendiri yang membuat saya shock di akhir cerita. Tebak saja yah siapa yang jadi selingkuhan Bian. Pokoknya kamu pasti tidak akan menduganya.

“Langit menaruh mendung. Kali ini, hujan akan marah bila ia jadi turun.” – halaman 127

Dari segi alur memang sangat mengalir sekali, namun ceritanya sangat biasa. Tidak ada yang istimewa. Untung saja tertolong dengan shoking ending yang luar biasa. Karakternya juga cukup menarik. Alhasil, saya berikan tiga bintang untuk novel ini.

Judul Buku: Rapuh

Penulis: Dodi Prananda

Penerbit: Wahyu Media

Tahun Terbit: 2013

Jumlah Halaman: 168 halaman

 

Advertisements