Tags

, , , , , ,

One More Chance by Ninna Rosmina“Dalam diriku mengalir sungai panjang, darah namanya. Dalam diriku mengenang telaga darah, sukma namanya. Dalam diriku meriak gelombang suara, hidup namanya. Dan karena hidup itu indah, aku menangis sepuas-puasnya.” – Sapardi Djoko Damono

One More Chance karya Ninna Rosmina ini awalnya saya kira berkisah tentang sebuah pengkhianatan, namun ternyata saya salah. Novel ini berkisah tentang percintaan remaja yang berakhir sad ending (menurut saya). Viona Dawai, seorang gadis genius yang menderita kanker tapi mencoba untuk tetap bertahan hidup. Ia bertemu dengan Cello, seorang anak band yang ia temui saat acara kampus. Vio yang telah membuat 100 wishes, bertekad kalau ia harus memenuhi 100 wishesnya tersebut sebelum ia menutup mata. Salah satu wishnya adalah menjalani kehidupan layaknya gadis normal lainnya, memiliki kekasih, menikah, lalu memiliki anak.

Vio yang jatuh cinta pada Cello pun memutuskan untuk kuliah di kampus yang sama dengan Cello. Kepribadian Vio yang ceria dan blak-blakan membuatnya dengan mudah bisa mendekat pada Cello meski lelaki itu tetap berusaha mengindari Vio. Hidup Cello yang memiliki banyak rahasia pun membuat Vio enggan meninggalkan lelaki itu. Berbagai cara dijalankan untuk meluluhkan hati pujaan hatinya tersebut.

Cintaku tak habis untuknya. Naif, tapi itulah cinta yang kurasa. Tak sepadan dengan waktu yang selalu tepat waktu. Tapi tahukah kamu di mana letak ironisnya situasi ini, ketika menyadari cintaku ternyata berbanding terbalik dengan perjalanan waktu. Pintaku ini nyaris mustahil. Tapi, jika memang bisa, sudikah waktu berhenti sejenak untuk mengabulkan inginku, agar bersamanya lebih lama lagi? Karena bersama dia selamanya pun sebenarnya tidaklah cukup.

Untuk novel setebal 313 halaman ini rasanya terlalu bertele-tele yah. Seharusnya cerita dalam novel ini bisa lebih singkat. Awalnya saya sangat suka dengan karakter tokohnya. Tapi tidak pada ending cerita. Saya merasa kalau di bagian akhir cerita Vio terlihat begitu egois sehingga saya tidak suka dengan keputusannya tersebut. Untuk alur yang dibuat memang sangat lamban. Bagusnya novel ini sangat mengalir dan apa adanya. Kehidupan anak kampusnya sangat terasa sekali, mulai dari ospek hingga skripsi. Saya hanya bisa memberikan tiga bintang untuk novel One More Chance ini.

Judul Buku: One More Chance

Penulis: Ninna Rosmina

Penerbit: Gagas Media

Tahun Terbit: 2013

Jumlah Halaman: 313 halaman

 

