Tags

, , , , , , , ,

Cruise Cronicle by Ruwi Meita

“Dahulu, dia pernah bercerita: Ada sebuah jalan setapak mistis yang membentang sejauh dua kilometer dan menghubungkan dua desa. Konon, jalan itu bisa membuktikan cinta sepasang kekasih. Berjalanlah dari arah berlawanan dan bila kau setia, kau akan bertemu kekasihmu tepat di bawah sebuah pohon besar.”

Ini novel kedua Ruwi Meita yang saya baca, sebelumnya novel Misteri Patung Garam  mampu membuat saya menjadi fans tulisan Ruwi Meita. Kemampuannya mengolah alur dan plot yang sangat canggih benar-benar mempesona. Teka-teki yang dihasilkan dalam novel mampu membuat saya penasaran. Serta ide tema cerita yang oke banget dan berbeda bisa menghasilkan cerita yang fresh, baik itu dalam novel Misteri Patung Garam maupun dalam novel Cruise Chronicle.

Menurut saya yang menjadi tokoh utama dalam novel ini ada empat orang, yakni Reya, Shiren, Musha, dan Langit. Reya dan Shiren adalah dua orang perempuan yang memiliki wajah yang sama namun berbeda warna mata dan warna rambut. Reya memiliki mata dan rambut hitam, sedangkan Shiren memiliki bola mata berwarna hijau dan rambut keemasan. Meski berwajah serupa, namun mereka tidak kembar. Reya bekerja di sebuah majalah dan Shiren berprofesi sebagai model. Musha adalah seorang fotografer yang menyukai tantangan dan ketinggian. Ia bekerja di majalah yang sama dengan Shiren. Sedangkan Langit adalah orang masa lalu Reya yang tidak akan pernah bisa Reya lupakan. Mereka berempat bertemu dalam sebuah kapal pesiar mewah yang membawa mereka pergi mengelilingi Eropa.

Perjalanan mereka berempat di kapal pesiar tentunya sangat tidak terduga dan penuh dengan konflik. Reya yang berharap bisa bertemu dengan Langit kembali, namun Langit tidak pernah memunculkan dirinya dan malah menyamar menjadi orang lain. Lalu Musha yang ikut dalam perjalanan kapal pesiar hanya karena ingin mencari Reya karena ia ternyata menaruh hati pada Reya. Bukannya bertemu dengan Reya, Musha malah dipertemukan dengan Shiren yang mirip dengan Reya. Shiren naik kapal pesiar dengan kekasihnya yang seorang pengusaha namun menjadi buronan KPK bernama Draco. Pengkhianatan Draco membuat Shiren lebih banyak menghabiskan waktu dengan Musha. Shiren yang membantu Musha mencari Reya malah jatuh cinta pada Musha.

Kisah yang dihadirkan memang cukup rumit, namun semua kerumitan itu tidak akan membuat kamu pusing kok karena Ruwi Meita mengolah plot serta alurnya dengan sangat matang dan rapi. Benar-benar top deh. Karakternya juga sangat kuat dan mendalam hingga latar belakang tokohnya pun diceritakan secara detail. Makanya saya bilang kalau tokoh yang ada dalam novel ini ada empat orang karena semuanya mendapatkan porsi yang sama. Teka-teki yang dihadirkan juga sangat bagus, terutama penyelesaiannya. Rasanya sudah digodok dengan sangat matang. Pokoknya novel ini benar-benar rekomended banget. Saya jadi menanti-nantikan tulisan Ruwi Meita. Lima bintang saya berikan untuknya. Untuk cerita yang sangat layak untuk difilmkan.

Judul Buku: Cruise Chronicle

Penulis: Ruwi Meita

Penerbit: Gagas Media

Tahun Terbit: 2013

Jumlah Halaman: 296 Halaman

 

Advertisements