Tags

, , , , ,

“Saat bercermin pagi ini. Aku begitu takut pada bayanganku sendiri. Pada memori yang berat membebani bahuku. Pada bibirku yang tak akan pernah tersenyum lagi.”

Novel karya Wulan Dewatra ini bisa dibilang masuk dalam romance tragis. Kenapa bisa dibilang tragis, karena konflik yang di dalamnya memang cukup tragis menurut saya. Saya baru pertama kali ini membaca novel karya Wulan Dewatra, jadi saya masih menerka-nerka gaya penulisannya. Padahal sudah Wulan sudah menerbitkan dua buku sebelumnya, yakni Hujan dan Teduh serta Harmoni yang masuk dalam jajaran Gagas Duet.

Memento berkisah tentang seorang wanita yang bernama Shalom yang ditinggal mati tunangannya bernama Harmein. Shalom dan Harmein beberapa minggu lagi akan menikah, namun sayangnya Harmein meninggal karena operasi katup jantung yang gagal. Shalom memiliki mantan kekasih bernama Wirya yang putus dengan Shalom sebelum Shalom bertunangan dengan Harmein. Setelah Harmein meninggal, Wirya selalu mengejar-ngejar Shalom tanpa henti dengan menghalalkan berbagai cara. Shalom pun terpaksa menyingkir dan tinggal di peternakan milik ayahnya. Di sana ia bertemu dengan Elgar, lelaki yang bercita-cita untuk menjadi anchor. Bagaimana kisah cinta Shalom? Coba baca saja langsung ya!

“Mereka yang pergi tidak bertanggung jawab atas sisa kenangan yang tidak mereka bawa serta” – halaman 42

Hmm, menurut saya novel ini bisa dikatakan so-so. Kenapa? Pada bagian awal saya sangat tertarik membacanya hingga sampai ¾ cerita. Lalu beberapa scene sebelum klimaks, rasa tertarik saya langsung menurun karena isi ceritanya tidak saya suka (ini pendapat subyektif loh). Menurut saya, kenapa ceritanya harus dibuat seperti itu? Chemistry yang sudah dibangun tokoh jadi langsung lenyap seketika. Sangat sayang sekali. Apalagi bagian endingnya terlihat seperti dipaksakan dan tidak natural. Okelah, untuk novel Memento karya Wulan Dewatra saya berikan tiga bintang.

Judul Buku: Memento

Penulis: Wulan Dewatra

Penerbit: Gagas Media

Tahun Terbit: 2013

Jumlah Halaman: 266 halaman

 

Advertisements