Tags

, , , , , , ,

Tomodachi by Winna EffendiDalam Tomodachi, kau akan menemukan tangan-tangan yang terikat pada satu kata: sahabat. Mereka yang keberadaannya membuat kau tak lagi merisaukan hari esok yang mungkin masih gelap.

Dibuat terpesona lagi dengan karya Winna Efendi. Novel ini sebenarnya sudah lama ingin saya beli, tapi karena saya masih menimang-nimang isinya yang bersetting tentang anak sekolah, saya jadi menunda-nunda membelinya. Well, Winna Efendi memang bisa dikatakan salah satu penulis spesialis cerita remaja. Ia selalu bisa mengolah cerita remaja menjadi sebuah novel dengan gaya bahasa yang bukan ala-ala ‘teenlit’.

Sesuai dengan judulnya, Tomodachi yang berarti persahabatan. Novel ini  mengambil tema tentang persahabatan yang ditambah dengan bumbu impian, cita-cita, serta cinta di dalamnya. Ide ceritanya sebenarnya biasa, namun ramuan yang ada di dalamnya mampu membuat kisah di dalamnya tampak hidup. Saya sangat suka pada tokoh-tokoh yang ditampilkan di sini karena semuanya memiliki karakter yang kuat dan menonjol. Kali ini setting latar yang digunakan Winna adalah negeri sakura.  

“Suatu hari nanti, aku akan berlari padamu. Kuharap, kaulah yang akan menjadi sosok yang menunggu di garis akhir, sama halnya kau akan selalu menjadi tujuan akhir aku berlari.” – halaman 355

Tomodachi berkisah tentang lima orang sahabat yang bernama Tomomi, Tomoki, Chiyo, Tabita, dan Ryuu yang baru saja saling mengenal saat mulai masuk SMA. Awalnya Tomomi dan Tomoki tidak pernah akur, namun karena mereka berada dalam satu klub atletik yang sama bersama Ryuu, maka lama-kelamaan mereka menjadi akrab. Tomomi memiliki cita-cita sebagai pembuat film animasi sementara Tomoki mempunyai impian menjadi atlet pelari. Mereka pun harus berjuang keras demi mewujudkan impian dan cita-cita mereka karena terkadang hal yang kita inginkan tidak berjalan sesuai dengan kehendak kita.

Persahabatan kelimanya terlihat sangat manis ditambah dengan bumbu-bumbu percintaan di antara kelima tokoh tersebut. Semuanya nampak sangat pas porsinya. Hanya saja, saat mulai masuk pertengahan, saya merasa alurnya sedikit terputus sehingga saya agak merasa bosan (hanya 2-3 bab saja). Namun pada bagian klimaks dan akhir ceritanya membuat saya merasa sangat puas. Rasanya 2-3 bab yang membuat saya bosan hilang seketika karena akhir cerita yang ditutup dengan ending yang sangattttt manis. Saya sangat suka sekali ending ceritanya dan merasa sangat puas. Empat bintang untuk Tomodachi yang berakhir manis ini.

Judul Buku: Tomodachi

Penulis: Winna Efendi

Penerbit: Gagas Media

Tahun Terbit: 2014

Jumlah Halaman: 362 Halaman

