Tags

, , , , , , ,

Roma by Robin Wijaya“Pertemuan pertama selalu membekas. Aku bermain-main dengan tanda tanya. Bertemu denganmu lagikah kelak?” – halaman 28

Novel karya Robin Wijaya ini memang sudah tiga tahun yang lalu terbit dan saya baru membacanya sekarang. Novel ini termasuk dalam tema STPC (Setiap Tempat Punya Cerita) yang diusung Gagas Media. Roma, menjadi kota kedua dalam urutan daftar destinasi luar negeri yang ingin saya kunjungi setelah London. Ada keterkaitan emosional yang saya dapat dari kota itu, kota yang dijuluki kota pelukis itu memang sangat indah jika dilihat dari arsitektur bangunannya.

“Impian tanpa usaha, hasilnya nihil.” – halaman 255

Novel Roma mengisahkan tentang seorang lelaki pelukis bernama Leonardo Halim yang menemukan sosok perempuan yang mampu menggetarkan hatinya saat ia mengadakan pameran lukisan di Roma. Leo, sapaan akrabnya bertemu dengan Felice yang bekerja di KBRI kota Roma. Pertemuan demi pertemuan telah mempertemukan Leo dan Felice kembali, bahkan saat mereka di Indonesia sekalipun. Meski keduanya sama-sama sudah memiliki kekasih, tapi ketertarikan di antara mereka berdua tidak bisa dielakkan lagi.

“Waktu membawa manusia pada perubahan.” – halaman 352

Seperti biasa, tulisan Robin Wijaya yang puitis mampu menyihir saya untuk hanyut dalam setiap deretan katanya. Setiap kata yang ditorehkan Robin Wijaya rasanya sangat sayang untuk dilewatkan sehingga saya membaca novel ini dengan detail untuk menikmati setiap kata-kata puitisnya yang bisa membuat perempuan mana saja hanyut di dalamnya. Untuk karakter sebenarnya tidak ada masalah, dari segi latar tempatnya juga sangat detail, konfliknya juga jelas, meski tidak ada cela di dalamnya, saya masih merasa ada yang kurang dari novel ini, tak tahu itu apa. Jika dibandingkan dengan novel Versus karya Robin Wijaya sebelumnya, saya lebih suka novel Versus. But overall, saya masih suka kok dengan novel Roma ini. Lima bintang minus untuk Roma, Con Amore.

“Seperti hari telah dihuni waktu yang berulang. Cinta akan berawal dan berakhir di tempat yang sama.” – halaman 322

Judul Buku: Roma
Penulis: Robin Wijaya
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: 2012
Jumlah Halaman: 374 halaman

Advertisements