Tags

, , , , , , ,

In a Blue Moon by Ilana Tan“Kau mungkin tidak sempurna, tapi kau sempurna untukku.”

Ilana Tan, penulis mega best seller ini sudah tidak asing di telinga para penggemar novel metropop besutan Gramedia. Saya sudah mulai membaca novel Ilana sejak Four Season (Summer in Seoul, Autumn in Paris, Winter in Tokyo, Spring in London). Sebenarnya novelnya kali ini tidak terlalu membuat saya terkesan dibanding novel sebelumnya, Sunshine Becomes You. Tapi seperti biasa, Ilana Tan hadir dengan cerita yang sangat mengalir (ini merupakan keunggulan utama dari Ilana Tan).

Tema besar dari In a Blue Moon adalah perjodohan. Memang temanya tidak asing lagi, tapi itu tidak menjadi masalah bagi saya. Tema pasaran itu wajar, tinggal bagaimana si penulis mengolah prosesnya hingga akhir. In a Blue Moon bercerita tentang dua orang yang dijodohkan oleh kakek-kakek mereka. Mungkin bagi Lucas, dijodohkan dengan Sophie bukan merupakan hal yang buruk baginya karena ia juga menaruh hati pada Sophie. Berbeda terbalik dengan Lucas, bagi Sophie dijodohkan dengan Lucas adalah mimpi buruk baginya. Ia sangat membenci Lucas, bahkan sejak sebelum mereka berdua dijodohkan.

Lucas dan Sophie ternyata sudah saling mengenal sebelumnya. Mereka sama-sama bersekolah di SMA yang sama. Ada suatu kejadian di mana Lucas membuat Sophie membencinya setengah mati. Kejadian yang membuat Sophie tidak bisa memaafkan Lucas sampai kapanpun. Sophie pun terang-terangan menolak perjodohannya dengan Lucas. Lalu apakah Lucas akan menyerah begitu saja? Baca saja novelnya yah!

Secara keseluruhan saya tidak mengalami masalah dalam membaca In a Blue Moon. Alurnya mengalir dengan baik, tutur bahasanya sangat lembut, dan tokohnya sangat berkarakter sekali. Saya suka dengan cara Lucas mendekati Sophie. Terlihat sekali kalau ia sangat menyayangi Sophie dan berusaha sebisa mungkin untuk mendapatkan maaf serta hati Sophie. Satu hal yang sangat disayangkan dari novel ini, saya merasa tidak ada klimaks di dalamnya. Semuanya terasa datar. Saya mengharapkan percikan-percikan klimaks saat membaca ¾ isi novel ini, tapi saya tidak menemukannya sehingga terasa agak hambar. Ini sayang sekali, secara semua komponen penulisan patut diacungi jempol, hanya kurang klimaksnya saja. Mungkin saya hanya bisa memberikan 3,5 bintang untuk novel ini. Mudah-mudahan novel Ilana Tan berikutnya bisa membuat saya terkesan lagi seperti Four Season dan Sunshine Becomes You.

Judul: In a Blue Moon

Penulis: Ilana Tan

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: 2015

Jumlah Halaman: 320 Halaman

Advertisements