Tags

, , , , , ,

unnamed“Cerita cinta berakhir di sini”

Ini kali kedua saya membaca karya Mahir Pradana. Karya pertama yang saya baca adalah Rhapsody, padahal Here, After terbit lebih awal. Sebenarnya saya tidak berekspektasi tinggi pada novel ini, secara setiap penulis pasti berkembang. Karya terakhir biasanya selalu lebih baik dari karya sebelumnya.

Awalnya saya bingung saat membaca novel ini. Novel ini punya cerita yang berbeda di masing-masing bab. Meski begitu, ada benang merah yang menyatukan masing-masing bab. Bagaimana saya menjelaskannya yah? Jadi tiap bab punya tokoh utama yang berbeda-beda. Sebenarnya mirip cerpen sih, tapi rasanya unik.

Novel ini terdiri dari 10 bab dengan cerita yang berbeda. Ada beberapa bab yang membuat saya tersentuh plus berhasil membuat mata saya sedikit berkaca-kaca (hanya sedikit kok). Kenapa bisa begitu? Karena jujur saja secara tidak langsung Mahir Pradana sukses membuat karakter-karakter yang kuat, bukan hanya sifat dan tingkah laku karakter yang ditonjolkan, tapi juga sisi psikologis si karakter tersebut yang digali lebih dalam.

“Suatu saat, cinta itu pernah ada. Dan aku melihatnya pergi tanpa sempat kucegah sama sekali. Suatu saat, cinta itu pergi. Menyisakan sejuta penyesalan karena tak cukup sigap menahannya tetap berada di sini…”

Saya bisa menangkap tema keseluruhan dari novel ini adalah kehilangan dan perpisahan. Semua orang pasti mengalaminya dan rasa itu ditekankan di masing-masing bab. Overall, saya merasa cukup puas dengan novel ini karena bisa memberikan arti secara kasat mata kalau kehilangan dan perpisahan itu tidak akan bisa kita hindari dalam kehidupan nyata. Mau tidak mau kita harus menghadapinya. Saya berikan empat bintang untuk tema cerita, karakter, serta gaya bahasa yang saya suka.

“Itulah hidup, Nia. Orang-orang datang dan pergi. Memang ada yang meninggalkan bekas mendalam, tapi akhirnya toh teratasi juga setelah kita memikirkan masalah yang jauh lebih besar, yaitu hidup kita sendiri.” – halaman 85

Judul: Here, After

Penulis: Mahir Pradana

Penerbit: Gagas Media

Tahun Terbit: 2011

Jumlah Halaman: 198 halaman

