Tags

,

hwajeon (kimshii.com)Pernahkah kamu memakan kelopak bunga? Bagaimana yah rasanya? Di Korea, kelopak bunga dijadikan kue yang sangat cantik. Kue ini bernama hwajeon atau flower cake yang sering hadir saat musim panas dan biasa dimakan saat berpiknik atau bepergian. Kamu bisa dengan mudah menemukan penjual hwajeon di tempat-tempat wisata umum di Korea Selatan.

Hwajeon memiliki tekstur yang sangat lembut dan lumer dimulut dengan aroma bunga yang wangi. Eits, tidak sembarang bunga bisa dijadikan adonan hwajeon. Harus bunga yang memiliki citarasa manis dan bisa dimakan serta tidak beracun. Orang Korea biasa menggunakan kelopak bunga azalea, seruni, dan juga krisan. Tapi yang paling sering digunakan adalah bunga azalea.

Bunga azalea yang bisa dimakan disebut jindallae. Jenis bunga yang berwarna ungu cantik ini menjadi ciri khas hwajeon. Secara tradisional, hwajeon disantap bersama dengan jindallae hwachae (minuman terbuat dari air madu dan bunga azalea) serta gukhwaju (anggur beras dibuat dari bunga azalea).

Hwajeon sudah ada sejak jaman dinasti Goryeo (918-1392). Sajian ini dulu dimakan saat momen hwajeon nori, yaitu sebuah perayaan tradisional pada musim semi. Di musim semi festival samjinnal, para wanita berpiknik dan membawa tepung beras dan sebuah wajan tebal. Mereka memetik bunga azalea dan langsung membuat hwajeon saat berpiknik. Oleh karena itu, hwajeon menjadi panganan yang wajib dibawa saat berpiknik.

Pembuatan kue ini sangat mudah. Bahan yang diperlukan adalah tepung beras ketan, garam, air panas, minyak sayur, bunga azalea (bisa diganti bunga krisan atau seruni), dan madu. Campur tepung beras ketan dengan sedikit garam, aduk rata. Tambahkan air panas, sesendok demi sesendok dan buat adonan sampai adonan kalis atau tidak lengket di tangan.

Ambil adonan dan bentuk bulat-bulat kecil lalu pipihkan hingga berdiameter 5 cm dengan ketebalan 1½ cm. Kemudian letakkan di atas wajan anti lengket. Masak dengan api kecil hingga adonan bening, lalu balik adonan dan beri beberapa kelopak bunga untuk mempercantik. Peletakan kelopak bunga di atas kue membuat kue ini memiliki visual yang khas. Orang Korea biasa mencocol hwajeon yang masih hangat dengan sirup atau madu supaya rasanya tambah manis.

Jika kamu ingin mencicip kue bunga alias hwajeon ini, kamu bisa mendapatkannya di supermarket Korea dalam bentuk kemasan.

Dimuat di www.pergikuliner.com

Advertisements