Tags

, ,

soto betawi (infomakan.com)Kamu pasti tahu kuliner berkuah yang satu ini. Soto memang bisa ditemui di daerah manapun, tapi beda daerah, beda pula rasa sotonya. Beragamnya kebudayaan di Indonesia ternyata mampu menciptakan satu jenis kuliner dengan beragam rasa berdasarkan daerahnya masing-masing. Rasa otentik soto yang dihasilkan masing-masing daerah tentunya berbeda-beda, simak tujuh jenis soto yang paling eksis di Indonesia, yaitu:

Soto Betawi
Soto Betawi terkenal dengan rasanya yang gurih. Soto Betawi juga menggunakan jerohan seperti mata, terpedo, dan juga hati. Yang unik dari citarasa gurih soto Betawi adalah kebanyakan soto Betawi menggunakan campuran susu sapi dalam kuahnya sehingga terasa creamy.

Soto Makassar
Soto Makassar atau yang lebih sering disebut coto Makassar tentunya berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Coto Makassar ini menggunakan jerohan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Air yang digunakan menggunakan air bekas cucian beras. Jadi warna kental dan putih yang dihasilkan dari kuliner ini bukan terbuat dari santan kelapa. Coto Makassar disajikan dengan ketupat dan tumbukan kacang tanah yang telah digoreng.

Soto Kudus
Soto kudus berasal dari Kudus. Soto kudus memiliki citarasa yang ringan karena tidak menggunakan santan pada kuahnya. Kuahnya yang bening serta kucuan air jeruk limau pada kuahnya membuat soto ini terasa sangat segar. Selain menggunakan daging ayam, soto Kudus terkadang menggunakan daging kerbau. Soto kudus tidak ada yang menggunakan daging sapi karena penghormatan muslim Kudus terhadap agama Hindu.

Soto Banjar
Soto Banjar berasal dari suku Banjar, Kalimantan Selatan. Citarasa yang dihadirkan soto Banjar cukup berbeda dengan soto yang berasal dari pulau Jawa, hal ini dikarenakan soto Banjar menggunakan tambahan bahan rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh sehingga lebih beraroma dan kuat rasanya.

Soto Ayam Ambengan
Soto ayam Ambengan merupakan soto khas Surabaya. Kuliner khas Surabaya ini kuahnya berwarna kuning pekat, tidak seperti kuah soto kebanyakan. Hal ini dikarenakan soto ayam Ambengan menggunakan kunir dalam pembuatannya. Selain itu soto ayam Ambengan dilengkapi dengan poyah, kerupuk udang yang dihaluskan bersama bawang bawang putih goreng. Poyah biasa ditaburkan di atas soto sebelum disantap.

Soto Medan
Hampir sama dengan soto Betawi, soto Medan menggunakan kuah santan yang kental dan gurih. Soto Medan kebanyakan menggunakan udang sebagai bahan utamanya, bukan daging sapi atau ayam seperti kebanyakan resep soto. Soto Medan disajikan bersama perkedel sebagai pelengkap lauknya. Sambal Soto Medan disajikan dalam piring kecil yang terdiri dari ulekan cabe, kecap dan bawang goreng.

Soto Padang
Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi, bihun (mie dari tepung beras), perkedel kentang, dan tidak ketinggalan kerupuk pink. Daging sapi yang digunakan tidak hanya direbus seperti soto lainnya, pada soto Padang, daging sapi direbus kemudian digoreng kering lalu di suwir-suwir sehingga terasa gurih dan legit.

Dimuat di www.pergikuliner.com

Advertisements