Tags

, , ,

aranciniKuliner Italia sangat familiar di telinga dan lidah orang Indonesia seperti pasta, pizza, hingga dessert seperti gelato juga pannacotta. Tapi tahukah kamu camilan dari Italia yang bernama arancini? Arancini adalah camilan bulat yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan tepung roti, telur yang diisi dengan daging cincang serta keju mozzarella. Bagian luarnya terasa garing dan renyah karena dimasak dengan cara digoreng sementara bagian dalamnya terasa empuk dan melted karena ada keju leleh di dalamnya. Arancini biasanya disantap bersama dengan saus pendamping seperti saus tomat atau napoleon.

Camilan yang memiliki citarasa gurih ini berasal dari Sisilia, Italia. Arancini sudah ada di Italia sejak abad ke-10. Nama arancini berasal dari kata ‘arancina’ yang dalam bahasa Italia berarti jeruk kecil, karena bentuknya bulat dan berwarna kuning oranye seperti jeruk. Di Italia sendiri, arancini biasanya dijajakan di warung-warung kaki lima sebagai makanan pengganjal rasa lapar.

Camilan ini mulai terkenal di penjuru dunia sejak muncul dalam novel detektif karya Andrea Camilleri. Dalam novel ini dikisahkan Inspektur Montalbano yang merupakan sang karakter utama sangat menyukai arancini sehingga camilan ini sering muncul dalam novel yang bersetting latar Italia ini.

Arancini memiliki banyak varian rasa. Rasa yang banyak ditemui adalah arancini Con Raga yang terdiri dari daging, saus tomat, beras, dan keju mozzarella. Sementara varian lainnya adalah Con Burro (mentega), Con Funghi (jamur), Con Pistacchi (kacang pistachio), dan Con Melanzane (terung).

Memasak arancini tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang lama. Nasi yang digunakan untuk arancini harus didinginkan terlebih dahulu supaya telur yang nanti digunakan tidak menjadi matang dan agar bentuknya bisa bulat sempurna dan tidak rusak saat digoreng, kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu dalam wadah kedap udara dan masukkan dalam kulkas semalaman. Kamu juga bisa memanfaatkan risotto sisa untuk dijadikan arancini karena bahan utama risotto sama dengan arancini.

Arancini yang lebih dikenal di dunia internasional dengan nama rice balls ini serupa dengan kroket yang sudah familiar lidah Indonesia. Bedanya jika arancini menggunakan nasi sebagai bahan utama, kroket menggunakan kentang sebagai bahan utama. Meski begitu keduanya sama-sama memiliki tingkat karbohidrat yang tinggi sehingga mengenyangkan untuk sekadar dijadikan camilan.

Sumber gambar: http://www.taste.com.au

Advertisements