Tags

, , , , , , , ,

rain-affair clara canceriana“Some people say ‘It’s like a guilty pleasure’. I know he is lying to me but I keep wanting him. I thought, I’ve already felt in love with him. But the worst pasrt is, I’m lying too.”

Dilihat dari judulnya, kalian pasti sudah tahu kalau novel ini bercerita tentang kisah perselingkuhan yang penuh dengan dusta. Rain  Affair karya Clara Canceriana ini mengisahkan tentang hubungan Lea dengan Noah, pacarnya yang menyimpan banyak kebohongan di belakang Lea. Karena suatu hal, Noah yang sudah berpacaran selama satu tahun dengan Lea menyembunyikan suatu rahasia yang bisa menyakitkan hati Lea. Meski sikap Noah cuek dan suka marah-marah, Lea tetap mencintai Noah karena ia tidak bisa hidup tanpa Noah.

“Dia menyatakan dan aku percaya. Tapi ketika aku berusaha menemukan kesungguhan matanya, dia malah memasang kacamata hitam, untuk menyembunyikan dusta yang dia simpan di sana.”

Suatu hari, Lea bertemu dengan Nathan, salah satu teman kerja Noah. Satu tahun yang lalu ternyata Nathan pernah bertemu dengan Lea saat Lea masih tinggal di Bandung. Nathan meminjamkan payung pada Lea saat Lea hendak menerobos hujan. Saat itu juga, Nathan jatuh cinta pada Lea. Sayangnya Lea tidak memiliki perasaan yang sama seperti Nathan, Lea bahkan tidak ingat kalau ia pernah bertemu dengan Nathan sebelumnya.

Sikap Nathan yang berbanding terbalik dengan Noah ternyata mampu menarik perhatian Lea meski Lea masih kekeh menyatakan kalau ia hanya mencintai Noah seorang. Konflik yang dihadirkan adalah konflik antara Lea-Noah-Nathan dengan bumbu masa lalu Lea dan kakaknya yang bernama Rissa. Masa lalu mereka berdua menyimpan banyak teka-teki yang membuat saya penasaran.

Dinilai dari segi cerita, cukup menarik. Tema affair yang diangkat mampu membuat kisah ini berwarna. Hanya saja affair yang ditampilkan tidak terlalu ekstrim. Menurut saya, tema utama dalam novel ini lebih pantas dikatakan white lies. Lalu, karakter Lea dan Noah sangat kuat sehingga karakter Nathan yang merupakan main lead jadi agak tersampingkan. Chemistry antara Lea dan Noah juga lebih mendominasi dibanding Lea dan Nathan. Mungkin karena porsi kemunculan Nathan lebih sedikit dibanding porsi kemunculan Noah. But, overall, novel ini sangat mengalir dan enak dibaca. Saya menyelesaikan novel ini hanya dalam waktu kurang dari empat jam saja. Untuk tema perselingkuhan yang diangkat Clara Canceriana, saya berikan tiga bintang.

Judul: Rain Affair

Penulis: Clara Canceriana

Penerbit: Gagas Media

Tahun Terbit: 2010

Jumlah Halaman: 342 halaman

Ukuran Buku: 13 x 19 cm

Advertisements