Tags

, ,

market placePasar e-commercer di Indonesia sedang melaju dengan pesat. Indonesia memiliki catatan pertumbuhan terbesar di Asia Pasifik hingga tahun 2017. Ada banyak model bisnis e-commerce yang ada di Indonesia, mulai dari iklan baris, market customer to customer (c2c), shopping mall, toko online, hingga market place. Market place dapat dianalogikan seperti pasar tradisional di mana banyak orang berkumpul untuk melakukan proses jual beli. Market place hadir menjadi wadah bagi para penjual dan pembeli online. Berikut adalah market place terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan bahan pertimbangan para penjual individu.

  1. Tokopedia

Tokopedia dianggapi sebagai pemimpin pasar dalam ranah market place online di Indonesia. Market place ini dirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tahun 2009. Tokopedia dan berhasil menggaet banyak investor dari luar negeri, terutama SIngapore.

  1. Bukalapak

Didirikan pada awal 2010 sebagai salah satu produk portofolio agensi digital bernama Suitmedia. Bukalapak tumbuh sebagai salah satu produk online terbesar karya anak bangsa di Indonesia. Achmad Zaky selaku CEO mengatakan bahwa saat ini terdapat sekitar 150.000 penjual dan 1,5 juta produk aktif di Bukalapak.

  1. Lamido Indonesia

Diluncurkan pada akhir tahun 2013, Lamido merupakan marketplace buatan Rocket Internet, kepala perusahaan yang juga berada di balik toko online Lazada dan Zalora Indonesia. Bagi  penjual yang masih tergolong lebih kecil dapat berjualan di Lamido, sedangkan mereka yang sudah lebih besar dapat berjualan di Lazada dan Zalora Indonesia.

  1. Elevenia

Elevenia merupakan salah satu pemain termuda di daftar ini, namun tergolong sangat agresif. Elevania telah mencatat pertumbuhan sangat besar di tahun pertama operasinya.

  1. Rakuten Belanja Online

Diluncurkan pada tahun 2011, Rakuten Belanja Online (RBO) tadinya perusahaan hasil joint venture antara konglomerat media MNC dan raksasa e-commerce Jepang Rakuten. Namun, pada tahun 2013 kerjasama itu secara resmi berakhir, dan sekarang RBO beroperasi sendiri di Indonesia.

  1. Qoo10 Indonesia

Berasal dari Singapura, Qoo10 merupakan perusahaan joint venture antara eBay dengan GMarket asal Korea Selatan. Qoo10 Indonesia sendiri mulai beroperasi sejak tahun 2012, dan mengklaim memproses transaksi senilai lebih dari USD 2,5 juta (Rp 32 miliar) setiap bulannya. Selain di Indonesia, Qoo10 juga beroperasi di Singapura, Jepang, Malaysia, China, dan Hong Kong.

  1. Blanja

Sebagai perusahaan joint venture antara Telkom Indonesia dengan eBay, kehadiran Blanja memiliki potensi besar untuk membuat saingannya was-was. Walau sudah beroperasi sejak 2013, Blanja baru secara resmi diluncurkan pada Desember 2014.

  1. Cipika Store

Cipika Store merupakan market place besutan Indosat yang diluncurkan pada Agustus 2014. Cipika Store memiliki spesialisasi menjual berbagai produk dalam negeri seperti makanan dan baju khas daerah. Pada bulan Agustus, Cipika mencatat 25.000 pengunjung harian.

Advertisements