Tags

, , , ,

bumbu dapurTampil cantik dengan kulit wajah yang mulus merona tentunya menjadi dambaan bagi setiap perempuan. Terkadang kaum hawa harus membayar mahal untuk sebuah kecantikan yang selalu diagung-agungkan tersebut. Sekarang sudah banyak metode kecantikan wajah mulai botox, filler, facelift, hingga yang ekstrim sekalipun seperti tanam benang. Tentunya semua metode itu membutuhkan dana yang tidak main-main. Tapi tahukah kamu kalau kita bisa memanfaatkan bahan alami yang bisa kita temukan di dapur rumah untuk kecantikan? Ada banyak bahan alami di dapur yang sangat bermanfaat untuk kecantikan. Selain alami, perawatan kecantikan dari bahan alami di dapur minim efek samping. Lalu, apa saja sih bahan alami di dapur yang bisa kita manfaatkan untuk kecantikan?

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis biasanya digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau sebagai penyegar minuman. Belah jeruk nipis dan oleskan pada wajah kamu. Lakukan ritual ini secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu maka akan membuat wajah kamu terlihat berseri.

  1. Beras

Bahan dasar makanan pokok orang Indonesia ini ternyata juga berguna untuk kecantikan. Haluskan beras yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan lalu campurkan dengan air hangat dan setelah itu oleskan ramuan tersebut pada wajah. Tunggu selama 15 menit hingga mengering lalu bilas dengan air hangat. Masker beras bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam pada wajah.

  1. Kunyit

Selain beras, kunyit juga bisa dijadikan masker. Caranya pembuatannya gampang. Kunyit dihaluskan lalu oleskan pada wajah. Ramuan kunyit ini mampu membuat wajah kamu terlihat lebih bersih dan cerah.

  1. Jintan Hitam

Jintan hitam ternyata bersifat sebagai antibiotik. Jika jintan hitam yang sudah dihaluskan dipadu dengan minyak zaitun atau madu dan dioleskan ke wajah, maka ramuan ini ampuh untuk mengobati jerawat, mengangkat sel kulit mati, serta membersihkan kotoran-kotoran di wajah.

  1. Kencur

Kencur selain dimanfaatkan untuk bumbu masak, juga digunakan sebagai obat tradisional. Kencur ini ternyata juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat.

  1. Sereh

Sereh merupakan pilar dalam industri kosmetik. Sereh membuat kulit wajah menjadi indah berseri, menyegarkan wajah, dan juga berfungsi untuk mencegah, mengeringkan, serta menghilangkan bekas jerawat.

  1. Daun Sirih

Daun sirih kaya akan manfaat bagi kecantikan. Daun sirih dipercaya dapat membantu mengatasi masalah kulit kasar, mencegah jerawat, mengatasi kulit berminyak, dan mencerahkan kulit wajah yang kusam. Caranya, siapkan daun sirih yang masih segar, lalu tumbuk sampai halus dan tambahkan 1 sendok teh madu alami. Oleskan keseluruh kulit wajah dan leher lalu diamkan selama 15 menit, kemudian basuh dengan air hangat.

  1. Daun Salam

Daun salam dapat membantu mengatasi kulit stres, juga mencegah terjadinya kulit keriput. Rebus daun salam kering dalam wadah tertutup. Lalu buka tutupnya dan biarkan mendidih lalu tutupi kepala Anda dengan handuk dan hirup uapnya.

  1. Lengkuas

Lengkuas dapat menghambat proses penuaan yang terjadi pada kulit serta berfungsi sebagai antioksidan alami. Lengkuas memiliki 40 jenis antioksidan. Semua antioksidan tersebut menghambat proses penuaan dengan cara melindungi kulit dari radikal bebas.

See, cantik itu tidak harus malah khan? Kita bisa memanfaatkan apa yang ada di dapur kita untuk perawatan wajah secara alami.

Dimuat di www.jadiberita.com

Advertisements