Tags

, ,

comma, coworking space JakartaDunia bisnis sekarang tidak hanya sekedar menjalankan bisnis konvensional dengan toko atau ruko sebagai lokasi utama. Bisnis yang bersifat digital atau virtual juga tengah berkembang pesat seiring pesatnya teknologi. Tidak heran jika banyak startup asli Indonesia yang mulai berkembang. Berbisnis sekarang tidak harus memiliki lokasi tetap. Semua bisa dikerjakan seperlunya tanpa perlu membuang-buang waktu dan biaya.

Coworking space merupakan suatu konsep kantor bersama untuk para wirausaha atau pebisnis startup yang ingin membangun startup-nya. Sebagai perusahaan startup yang masih berkembang, pasti masih membutuhkan pendanaan bisnis yang cukup untuk menyewa kantor pribadi yang harganya tidak murah. Coworking space dapat menjadi alternatif bagi kamu. Coworking space sendiri ada yang berbayar dan tidak berbayar. Namun, biasanya harga yang ditawarkan juga tidak semahal biaya sewa kantor pribadi per tahun.

Coworking space yang awalnya familiar di negara maju seperti benua Eropa kini telah muncul di Indonesia. Coworking space di Indonesia masih merupakan sebuah konsep baru, jumlahnya juga masih bisa dihitung jari. Bahkan coworking space sendiri susah dijelaskan kepada orang awam karena tidak memiliki terjemahan bahasa Indonesia. Namun, coworking space merupakan tempat yang bagus untuk bekerja, berinteraksi, berkolaborasi, belajar, dan mengembangkan startup kamu.

Coworking space di Indonesia masih tergolong baru dan hanya dapat ditemukan di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Bali. Di ibukota, perkembangan pertumbuhan coworking space juga semakin meningkat ditandai pertambahan jumlah coworking space hingga tahun 2015. Pertumbuhan coworking space juga didukung oleh perkembangan ekosistem startup teknologi. Jakarta juga merupakan tempat lahirnya berbagai startup besar di Indonesia. Beberapa coworking space yang dapat ditemui adalah Comma, Ciputra GEPI Incubator (CGI), Kejora, Freeware dan TierSpace, dan lain-lain. Ada yang membedakan CGI dari coworking space lainnya, yaitu CGI yang merupakan bagian dari program GEPI (Global Entrepreneurship Program Indonesia) juga menawarkan program inkubasi, mentoring serta kesempatan pendanaan bisnis.

Bekerja di coworking space ternyata banyak sekali manfaatnya. Selain lingkungan kerja yang kondusif, kita bisa berbagi wawasan dengan orang lain (penghuni coworking space yang lain), jaringan kerja yang lebih luas karena mengenal banyak orang, serta mendapat media exposure. Bisnis startup kamu pun bisa lebih semakin berkembang.

Dimuat di www.jadiberita.com

Advertisements