Tags

, ,

how-oldApa sih yang sedang booming di kalangan netizens Indonesia akhir-akhir ini? Jawabannya adalah aplikasi ho-old. Jika sebelumnya ada Instagram In Hand dan Nametest, kini ada sebuah aplikasi dari Microsoft yang dapat menebak berapa usia kamu dari foto yang kamu unggah. Para pengguna media sosial menanggapi aplikasi Microsoft ini dengan antusias. Ada sekitar 15.000 tweets tentang #HowOldRobot dalam waktu 24 jam dari peluncuran situs tersebut.

Bagaimana cara kerja how-old? Dalam bahasa teknologi komputer dasar ada API (Applictation Programming Interface). API memang menjadi sebuah pemrograman antarmuka yang ternyata jadi dasar teknologi aplikasi penebak usia buatan Microsoft tersebut. API sebetulnya adalah seperangkat pengaturan untuk membangun aplikasi perangkat lunak. Untuk how-old, para pengembang API menggunakan satu set algoritma untuk memproses foto wajah. Sehingga API bertugas mendeteksi wajah pengguna dengan meneliti mata, mulut, alis, hidung, bibir dan dimensi wajah. how-old menggunakan salah satu karakteristik itu dan ditambah kemampuan mengidentifikasi wajah satu atau banyak orang di foto.

Duo pembuat how-old, Corom Thompson dan Santosh Balasubramanian mengakui jika how-old sudah cukup baik menebak jenis kelamin pengguna. Berhubung masih tergolong baru, aplikasi ini masih belum sempurna dalam menebak usia alias tidak bisa tepat 100%. Namun, di sinilah letak faktor utama yang membuat how-old ini popular dengan cepat. How-old digandrungi karena banyak orang merasa bahagia saat foto wajah mereka memperlihatkan usia yang lebih muda daripada seharusnya. Mereka yang menggunakannya dan mendapatkan usia mereka lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya langsung mengupload hasil aplikasi tersebut di jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram, maupun path. Tentunya ini jadi kebahagiaan tersendiri bagi si penggunanya. Jadi, apakah kamu ingin mencoba aplikasi tebak umur ini? Silahkan mencobanya:

1. Kunjungi halaman http://how-old.net
2. Masukkan foto diri Anda, atau cari nama seseorang yang ingin Anda terka usia dan jenis kelaminnya di search box yang telah disediakan
3. Pilih “Use This Photo” dan tunggu sampai proses selesai.

Dimuat di www.jadiberita.com

Advertisements