Tags

, , , , , , ,

andai kau tahu-dahlian“On our own, each of us is imperfect. But together, we complete each other.“

Andai Kau Tahu, merupakan novel keenam Dahlian. Dilihat dari cuplikan di belakang sampul, saya menebak novel ini penuh dengan romantisme. Nyatanya, benar dugaan saya. Sebenarnya tema novel ini sangat klise, yakni tentang perjodohan tapi dikemas dengan beberapa hal yang menurut saya terlalu kebetulan. Tania dan Reza beberapa kali bertemu secara tidak sengaja, diawali oleh tabrakan mobil mereka yang mengakibatkan mereka harus berurusan satu sama lain.

Tania kabur dari rumah karena ayahnya menjodohkan dia dengan anak sahabatnya yang sama-sama seorang dokter. Tania lebih memilih pacarnya yang seorang vokalis band. Singkat kata, karena sesuatu hal akhirnya Tania tinggal di apartemen Reza. Berbeda dengan Reza yang tahu kalau Tania adalah calon istrinya, Tania sama sekali tidak tahu kalau Reza adalah orang yang dijodohkan oleh ayahnya.

Meski tema yang dihadirkan sangat klasik dan alurnya bisa dipredictable, tapi gaya bahasa yang dihadirkan Dalian sangat mengalir dan hidup. Jujur saja, saya suka cara Dalian bercerita. Pendeskripsian perasaannya patut diacungi jempol. Ia sangat detail dalam menggambarkan perasaan karakternya. Sayangnya ia kurang mengolah tema dan alur sehingga tidak ada gereget saat membaca novel ini. Andai saja dia memercikkan sedikit kejutan sehingga klimaksnya akan terasa. Untuk novel ini saya berikan tiga bintang.

Judul Buku: Andai Kau Tahu

Penulis: Dahlian

Penerbit:  Gagas Media

Tahun Terbit: 2013

Jumlah Halaman: 366 halaman

