Tags

, , , , , ,

novel marginalia by dyah rinni“Aku Yudistira, aku Arjuna, aku Bima, aku Nakula Sadewa. Berapa Bharatayudha harus kujalani. Demi kamu, Drupadiku.”

Marginalia, catatan cinta di pinggir hati. Sebuah judul yang mampu menarik ketertarikan saya untuk membaca novel ini. Ditambah sinopsis yang dihadirkan di bagian belakang. Aruna dan Drupadi, yang terbayangkan dalam pikiran saya saat itu adalah sebuah cerita Mahabharata. Novel ini merupakan pemenang kedua lomba penulisan romance Qanita.

Drupadi, adalah seorang wanita yang sudah berkali-kali dikecewakan oleh cinta. Ia sangat terluka sehingga tidak percaya pada cinta dan keajaiban. Ia kemudian bertemu dengan Aruna, sang rocker yang masih belum bisa keluar dari masa lalunya. Kekasih Aruna meninggal dalam kecelakaan pesawat, ia meninggalkan sebuah buku puisi rumi yang ia bawa dari kafe Marginalia.

Kafe Marginalia merupakan sebuah kafe kecil yang terpencil di sebuah jalan kecil. Kafe Marginalia memiliki ribuan buku yang bisa dibaca di sana. Ada yang unik dari cara pemilik kafe yang membolehkan peminjam bukunya untuk mencorat-coret buku yang mereka pinjam. Catatan yang ada di pinggir buku dinamakan marginalia, istilah yang kemudian dijadikan nama kafe mereka.

Secara tidak sengaja, Dru menulis asal di buku puisi rumi yang dikembalikan oleh Aruna. Aruna merasa marah dan tidak terima dengan apa yang dituliskan Dru pada buku peninggalan mantan kekasihnya. Mereka berdua saling membalas dengan menuliskan marginalia pada buku tersebut.

Cerita yang dihadirkan cukup bagus, tema yang unik dan menarik. Cara Dyah Rinni bercerita sangat mengalir. Saya jadi tahu kenapa novel ini menjadi juara kedua. Hanya satu hal yang sedikit mengganggu saya, karena narasi yang dihadirkan dari dua sudut pandang orang pertama ‘aku’, yakni Drupadi dan Aruna, saya merasa saat tidak ada perbedaan di antara keduanya. Gaya narasi Drupadi sama dengan gaya narasi Aruna. Saat Drupadi mengumpat dan berbicara pun saya merasa seperti membaca umpatan Aruna.

Meski seperti itu, saya tetap acung jempol pada Dyah Rinni yang sudah berhasil meraih juara kedua. Novel ini pun mendapat empat bintang dari saya.

Judul Buku: Marginalia

Penulis: Dyah Rinni

Penerbit: Qanita

Tahun Terbit: 213 halaman

Jumlah halaman: 304 halaman

Advertisements