Tags

, , , , ,

kuliner india di JakartaSelain terkenal karena dunia perfilmannya yang kita tahu dengan nama Bollywood, India juga terkenal dengan kulinernya. Bukan hanya kuliner Indonesia saja yang kaya akan rempah, kuliner India pun sarat akan rempah-rempah alami. Rempah-rempah yang ada di India tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Mereka juga menggunakan bawang putih (lassan), jintan putih (jeera), kunyit (haldi), kayu manis (dalchini), jahe (adrak), ketumbar (dhania), pala (jaiphal), dan cabai (mirch).

Di India ada satu bumbu siap pakai yang sangat popular di sana yakni bubuk garam masala. Lain daerah, lain pula racikan bubuk garam masalanya. Tapi biasanya bubuk ini merupakan racikan dari lima jenis rempah, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, dan cengkeh. Biasanya bubuk garam masala ini digunakan untuk tambahan bumbu memasak agar aroma rempahnya tambah berasa.

Kuliner India terpengaruh dari faktor budaya dan agama. Pengaruh timur tengah dan agama Islam memiliki peran yang kuat dalam sejarah kuliner India seperti banyaknya makanan berkuah kental hingga populernya hidangan berbahan dasar daging domba di sana. Mungkin karena penggunaan rempah-rempah yang mirip dengan Indonesia sehingga menjadikan kuliner India cocok dengan lidah orang Indonesia. Di Jakarta sendiri sudah banyak dibuka restoran India yang memiliki cita rasa yang sama seperti negara asalnya. Inilah beberapa restoran India yang ada di Jakarta!

Taj Mahal – Pasar Baru

taj-mahal-pasar-baru

Zanas Indian Cuisine – Kemang

Zanas Indian Cuisine

Queen’s Tandoor – Thamrin

Queen's Tandoor

FrontPage – Thamrin

FrontPage

Taal – Kelapa Gading

Taal

Udupi Shree Krishna – Kemayoran

Udupi Shree Krishna

Kinara – Kemang

Kinara

Sumber gambar: pergikuliner.com dan seputaraceh.com

Advertisements