Tags

, , , , , , , ,

rhapsody cover novel“A dream you dream alone is only a dream. A dream you dream together is reality.” – John Lennon

Ini adalah kisah tentang seorang lelaki asal Makassar yang gigih mengejar mimpinya untuk mendirikan sebuah hostel. Kedua orang tua Abdul Latif yang sudah meninggal, mewariskan sebuah hotel sederhana berlantai empat yang terletak di Jalan Penghibur, Makassar. Ia merubah konsep hotel tersebut menjadi hostel. Hostel yang pengertiannya adalah a supervised lodging for usually young travelers, menurut kamus bahasa Inggris Merriam Webster milik Al, nama panggilan Abdul Latief.

Mendirikan hostel yang masih belum familiar di kalangan masyarakat Indonesia memang tidaklah mudah, tapi Al tidak pantang menyerah untuk mencoba. Hostel miliknya yang dinamakan Makassar Paradise berubah nasibnya sejak kedatangan Miguel, seorang lelaki asal Spanyol yang tiba-tiba muncul, terbang melintasi benua dari Spanyol ke Indonesia. Miguel ternyata membawa angin segar dan perubahan yang sangat berarti bagi Makassar Paradise.

Semua bisnis pasti selalu ada halang rintangnya. Al pun menghadapi banyak rintangan dan ujian demi mempertahankan Makassar Paradise. Mulai dari kakaknya yang berniat menjual Makassar Paradise, penggerebekan narkoba, kehilangan sahabatnya, dan juga kedatangan seorang wanita masa lalu yang membuat konsentrasinya terpecah.

Saya baru pertama kali membaca tulisan mas Mahir Pradana. Awalnya saya tertarik dengan judulnya yang cantik, Rhapsody. Setelah saya membaca samplenya beberapa halaman di playbooks, saya tambah tertarik karena ide cerita novel ini cukup unik dan berbeda. Ide ceritanya sangat mengesankan karena banyak menguak keindahan alam dan juga cagar budaya yang ada di Makassar, inilah yang jadi kekuatan utama novel ini. Mas Mahir ingin menyampaikan kalau Indonesia itu kaya akan kekayaan alamnya dan hal itu pantas kita banggakan dan kita beritahukan pada masyarakat internasional. Ia menyandingkan kekayaan alam di Indonesia dengan keindahan yang dimiliki daratan Eropa seperti Swiss, Jerman, Belanda, Perancis, dan lain-lain.

Saya membaca ucapan terima kasih mas Mahir dan ternyata buku ini dibuat berdasarkan ramuan 60% fakta dan 40% fiksi. Untuk fakta yang dia hadirkan patut diacungi jempol, tapi untuk fiksi yang ia buat sepertinya tidak terlalu berkenan untuk saya. Seperti kisah cinta Al dengan Sari yang tidak memiliki chemistry sama sekali. Saya malah menemukan banyak chemistry tokoh Al dengan Nadia, sang mantan terindahnya. Sayangnya tokoh Nadia dibuat antagonis. Belum lagi kisah cinta Miguel dengan …… (ini rahasia). Serasa kurang bumbu saja. Memang titik utama novel ini adalah tentang meraih mimpi, bukan percintaan. Tapi tetap saja, kalau kisah percintaan mereka diolah lebih dalam lagi pasti akan terasa mengesankan. Secara keseluruhan saya cukup puas dengan hadirnya novel yang menghadirkan kekayaan alam Indonesia yang dibalut dengan mimpi dan cita-cita. Empat bintang untuk karya mas Mahir yang baru perdana saya baca.

Judul Buku: Rhapsody
Penulis: Mahir Pradana
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: 2013
Jumlah Halaman: 319 halaman
Harga Buku: Rp 48.000

Advertisements