Tags

, , , , ,

Always__Laila_Novel ini sudah lama terbit dan saya baru membacanya. Well, sejujurnya saya tadinya tidak terlalu tertarik dengan novel ini, tetapi hasil goodreads dan juga hasil intip blog sana sini menunjukkan kalau novel ini ternyata pernah meraih peringkat bestseller. Kudet sekali saya hingga novel bestseller seperti ini saya lewatkan begitu saja. Saya pun dengan senang hati mengicip karya debut pertama mas Andi Eriawan.

Satu hal yang bisa membuat saya tertarik untuk membaca novel ini adalah karena penulisnya adalah lelaki. Saya merasakan perbedaan ketika membaca novel yang ditulis oleh kaum hawa dan juga kaum adam. Saya jadi teringat “Penulis wanita menulis dengan rasa, penulis pria menulis dengan jiwa”. Ini bukan kali pertamanya saya membaca hasil karya penulis pria, sebelumnya saya pernah membaca Then I Hate You So karya Andry Setiawan. Memang penulis pria lebih menghadirkan detail yang tidak akan pernah kita temukan pada penulis wanita. Entah mengapa, mereka selalu menyampaikan perasaan cinta yang lebih manis dan lebih indah dengan kosakata yang benar-benar tidak akan terpikirkan oleh penulis wanita. Itu hanya pendapat subyektif saya loh!

Always Laila ini sebenarnya menghadirkan cerita yang tidak terlalu rumit. Kisah percintaannya dapat kita temui pada beberapa orang di dunia nyata. Tapi, cara penyajian yang disodorkan mas Andi benar-benar lembut, tidak kaku dan sangat mengalir. Saya sampai bisa merasakan bagaimana dalamnya perasaan Prameswara (Pram) sang tokoh utama dalam novel ini.  Cara dia mencintai Laila dan cara dia memperlakukan Laila benar-benar bisa menyentuh para pembaca (tentunya para pembaca wanita). Bahasanya cukup puitis, satu hal yang sering saya temui pada penulis pria (hampir sebagian besar puitis dan berbahasa indah).

Dari sudut penyampaian bahasa dan karakter sangat bagus. Dari sudut alur sebenarnya saya sedikit terganggu dengan adanya alur yang maju mundur tanpa adanya notif waktu seperti tahun kejadian. Meski saya tidak kesulitan untuk menduganya. Hal ini tidak terlalu berdampak bagi saya untuk terus membaca lembar demi lembar hingga tandas. Oh iya, masih dari sudut alur. Alur cerita dari awal hingga titik klimaks sebenarnya sangat bagus, cuma pada bagian setelah itu saya sangat kecewa. Apalagi dengan keputusan ending yang dipilih oleh penulis. Saya mengurangi spoiler sehingga saya tidak akan menceritakan detailnya. Intinya saya sangat tidak puas dengan ending yang dihadirkan penulis. Overall, tiga setengah bintang untuk mas Andi.

Judul Buku: Always Laila

Penulis: Andi Eriawan

Penerbit: Gagas Media

Tahun Terbit: November 2004

Harga Buku: Rp 40.000

