Tags

, , , , , ,

hanamiHanami, judul yang menurut saya cukup eyecatchy. Cover buku ini sangat cantik. Pohon sakura yang berjejer dilihat dari dalam rumah yang di batasi pintu geser kayu ala Jepang. Hanami sendiri artinya adalah acara melihat bunga sakura ketika musim semi. Acara ini biasanya dilakukan sambil berpiknik bersama keluarga.

Novel ini bercerita tentang kisah seorang anak perempuan bernama Nishikado Sakura yang tinggal bersama kakak lelakinya yang bernama Keigo. Keigo dan Sakura ini sebenarnya bukan saudara kandung. Mereka berdua diasuh oleh seorang lelaki yang status dan namanya selama awal sampai pertengahan cerita dirahasiakan. Hubungan Keigo dan Sakura sangat dekat hingga suatu saat Sakura mengetahui kalau ia mempunyai kakak kandung yang bernama Sakamura Jin.

Sebenarnya intrik yang menarik dalam novel ini adalah konflik cerita dan alurnya. Meski sedikit membuat saya bingung dan terbelit-belit karena cerita yang dihadirkan cukup rumit, tapi tidak membuat saya berhenti untuk membacanya karena saya penasaran dengan kebenaran dari cerita tersebut. Tentang hubungan antara Sakura-Jin-Keigo. Apakah diantara mereka ada yang merupakan saudara kandung atau tidak?

Dari segi setting, novel yang berlatarkan Jepang ini tidak terlalu kental menghadirkan unsur-unsur budaya maupun tempat-tempat unik yang ada di negara Jepang. Mungkin karena penulisnya fokus pada cerita yang menurut saya sudah cukup rumit sehingga jika ditambahkan latar maupun setting yang detail pasti akan membuat novel ini akan lebih dari 450 halaman.

Saya sangat menyukai karakter Jin yang dingin, kasar, dan tidak bersahabat. Karakternya sangat berbeda dengan karakter Keigo yang perhatian, ramah, dan sangattt baik pada Sakura. Jujur saja, saya merasa sebal melihat Sakura yang tidak tahu terima kasih pada Keigo yang sudah merawat dan menjaganya. Karakter Sakura yang dihadirkan sangat cengeng, egois, kekanak-kanakan layaknya anak-anak ABG dan itu membuat saya sedikit terganggu.

Overall, my opinion about this book is so-so. Not bad or not good enough for me to recommended for you. But if you’re a Japan holic, you must read this book. Because the story and Jin character is like Japan’s manga. Okey! I will give this book just three stars enough.

 

“Kau lahir penuh harapan dan kau memberiku sedikit harapan itu”-Keigo

 

 

Judul Buku: Hanami

Penulis: Fenny Wong

Penerbit: Gagas Media

Tahun Terbit: 2012

Jumlah Halaman: 450 halaman

Harga Buku: Rp 42.400

Advertisements