Tags

, , , , , ,

fly to the skyNovel duet Gagas Media ini mengambil tema tentang orang-orang yang sulit untuk jatuh cinta. Saat melihat covernya saya langsung merasa jangan-jangan ini tentang impian atau cita-cita seseorang, secara covernya berbentuk awan. Tapi ternyata ‘Fly to The Sky’ di sini menuju pada profesi sang tokoh utama pria sebagai pilot. Sedangkan tokoh utama wanitanya seorang banker.

Novel ini terdiri dari dua babak karena ditulis dari dua penulis yang berbeda. Ceritanya merupakan satu kesatuan utuh, hanya dilihat dari dua sudut pandang yang berbeda. Mba Nina menggambarkan dari segi sang tokoh utama wanita, Edyta. Mas Rizal menggambarkan dari segi sang tokoh utama pria yaitu Ardian.

Cerita berawal dari Edyta yang tidak sengaja bertemu dengan Ardian di sebuah restoran. Sejak pertemuan itu, mereka berdua sama-sama tidak bisa melupakan kejadian yang telah mereka alami berdua. Tadinya saya pikir ceritanya klise karena saya menebak akan adanya serendipity tapi nyatanya mereka berdua harus melalui sekian kali kesialan yang membuat mereka tidak jadi bertemu. Sebenarnya dalam dunia nyata pasti ada yang mengalami kejadian seperti Edyta dan Ardian. Sama-sama saling tertarik, tapi mereka tidak pernah bisa untuk bertemu. Kasian sih. Tapi kalau Tuhan berkehendak lain, mau bagaimana lagi. Saya sendiri sampai gemas karena Edyta dan Ardian tidak jadi-jadi ketemu. Tapi yang namanya jodoh ga akan kemana, toh pada akhirnya mereka bertemu juga setelah melalui berbagai macam kesialan juga permainan takdir yang sudah diciptakan oleh Mba Nina dan Mas Rizal.

Secara keseluruhan alur ceritanya sangat bagus. Mba Nina sangat detail menggambarkan lokasi pada setiap scenenya. Suasana Jakarta sangat kental sekali. Dari segi karakter, saya suka semua karakter yang ditampilkan oleh Mba Nina karena karakter yang dibangun cukup kuat, baik itu dari tokoh utama maupun tokoh pendukung. Tadinya saya bersimpati pada tokoh Radit yang saya kira adalah tokoh utama pria, tapi Mba Nina menampilkan sisi gelap dari Radit yang membuat saya kecewa pada tokoh Radit. But, kalau ga dibuat sisi gelapnya pasti pembaca akan meminta Mba Nina untuk menjodohkan Radit dengan Edyta.

Tidak jauh berbeda dengan Mba Nina, Mas Rizal juga menyajikan karakter dan cerita yang kuat. Karakter Ardian yang notabenya seorang pilot ganteng, benar-benar bisa membuat pembaca luluh. Saya suka judul-judul pada tiap bab yang disajikan Mas Rizal seperti go around, landing kiss, destination airport, keren-keren judulnya dan pas alias sesuai dengan scene-scene yang ada di dalamnya. Meski saya sendiri kurang mengerti dengan istilah-istilah penerbangan. Untung saja saya dulu sempat menonton Take Care of us Captain, drama Korea yang berkisah tentang seorang pilot.

At lease, saya bisa memberikan empat bintang pada novel ini. Setelah membaca novel ini, saya jadi ingin membaca karya-karya Mba Nina dan Mas Rizal lainnya.

Judul Buku: Fly to the Sky.

Penulis: Nina Ardianti & Moemoe Rizal

Penerbit: GagasMedia

Tahun Terbit: 2012

Tebal: 360 halaman

Harga: Rp 42.400

