Tags

, , , , ,

MarriageableHere we come Darling!

Dari awal saya melihat covernya, loh kok kotak susu? Another cute cover from gagasmedia and I like it! Sebenarnya ini novel repackage karena sebelumnya cover novelnya bukan kotak susu melainkan lambang genre man and women yang menurut saya sangat old looks. Hal pertama yang menarik saya untuk membaca buku ini adalah recommend dari salah seorang sobat yang sudah memberikan percikan review sedikit kalau novel ini sangat layak untuk dibaca alias recommended banget. Apalagi pas baca reviewnya digoodreads dan lihat kalau novel ini diberi bintang empat.

“Kenapa sih, gue jadi nggak normal cuma gara-gara gue belom kawin?!”

“Karena lo punya kantong rahim, Darling! Kantong rahim sama kayak susu Ultra. Mereka punya expired date.”

“Sementara sperma kayak wine. Masih berlaku untuk jangka waktu yang lama.”

Percakapan di atas menarik perhatian saya karena pengandaian kantong rahim yang seperti susu ultra dan sperma yang seperti wine sangat membekas pada diri saya.

Novel ini mengisahkan tentang Flory, wanita berusia 33 tahun yang belum juga menikah. Sebenarnya inti ceritanya sih klasik. Masalah yang pada umumnya terjadi pada wanita umur 33 tahun ke atas yang belum menikah yakni harus mau menjadi Siti Nurbaya di jaman sekarang dan dicarikan Datuk Maringgih seperti kata mba Riri Sardjono.

Flory dijodohkan dengan Vadin, seorang lelaki pilihan ibunya yang bagi saya adalah sosok lelaki yang too good to be true deh. Cakep, punya karier yang bagus sebagai pengacara, care, dan yang terpenting adalah dia tahu caranya agar membuat Flo jatuh cinta.

Tadinya saya pikir ceritanya akan terfokus pada saat mereka belum menikah, Vadin membuat Flo jatuh cinta dan endingnya mereka menikah dengan bahagia. But, ternyata saya salah. Alur cerita sedikit dimajukan sampai satu tahun setelah mereka menikah. Termasuk cepat karena saya sebenarnya ingin melihat scene pernikahan mereka.

Secara keseluruhan karakter yang ada di sini adalah kaum sosialita yang sering nongkrong, nyalon, dan sebagainya. Mungkin novel ini akan sangat bagus untuk dijadikan film seperti Arisan. Saya sedikit terganggu dengan banyaknya adegan merokok dalam novel ini. Mungkin kalau hanya Vadin saja yang merokok tidak masalah, tapi di sini intensitas Flo untuk merokok cukup banyak.

Meski novel ini hampir 65% berisi tentang percakapan dialog alias chitchat antar tokoh, but overall saya suka karena banyaknya unsur komedi yang ditawarkan di dalamnya.  Cara Riri mengolah karakternya juga lumayan bagus. Karakter Vadin sebagai lelaki too good to be true bikin kita jadi mengandai-andai seandainya ada lelaki seperti Vadin dalam dunia nyata *ngarep*.

Overall, recommended buat yang suka cerita metropop dengan cerita yang khas dengan masalah-masalah yang kerap kali dihadapi wanita modern jaman sekarang. Buat mba Riri, saya kasih bintang empat J

“Marriages maybe made in heaven, but a lot of the details have be worked out here on earth.”

“You get married not to be happy, but to make each other happy.”

 

Judul Buku: Marriageable

Penulis: Riri Sardjono

Penerbit: Gagas Media

Tahun Terbit: 2013

Jumlah Halaman: 368 halaman

Harga Buku: Rp 41.650

