Tags

, , , , , ,

ai by winna effendiNovel yang berjudul singkat dan mudah untuk diingat. Ai yang dalam bahasa Jepang artinya cinta. Saya membeli novel ini setelah melihat review yang ada di goodreads maupun blog-blog pribadi yang mengatakan kalau novel ini sangat layak untuk dibaca. Novel ini bersetting di negara Jepang dengan mengambil tema cerita cinta segitiga. Membaca novel ini mengingatkanku akan Refrain, novel lain karya mba Winna. Sedikit mirip dari ide ceritanya.

Cerita berkisah tentang persahabatan seorang gadis yang bernama Ai dengan Sei yang tinggal di daerah pedesaan. Persahabatan mereka berdua cukup erat sampai suatu saat datang Shin seorang anak lelaki yang datang dari Tokyo dan mengajarkan tentang kehidupan anak-anak remaja perkotaan. Mereka bertiga akhirnya bersahabat dekat. Sei yang sudah sejak lama berteman dengan Ai akhirnya menyadari kalau ia sudah jatuh cinta pada Ai. Sayang, saat ia menyadari perasaannya pada Ai, Shin sudah bergerak lebih dulu. Shin yang ternyata juga menyukai Ai menawarkan cinta yang selama ini dicari oleh Ai. Ai pun berpacaran dengan Shin.

Setelah mereka bertiga lulus sekolah, mereka akhirnya kuliah di Tokyo dan tinggal di satu apartemen. Sei yang pada dasarnya tidak nyaman berada satu apartemen dengan Shin dan Ai akhirnya mencoba untuk melupakan cintanya pada Ai dengan berpacaran dengan gadis lain di tempat kerja parttimenya. Sampai di sini, saya bisa menebak isi cerita sampai pada klimaks pertama. Saat Shin dan Ai memutuskan untuk bertunangan, Shin mengalami kecelakaan. Okay, sampai di sini kalian tebak sendiri isi ceritanya.

Cinta segitiga yang dialami Sei, Ai, dan Shin cukup klise. Tapi mba Winna bisa membuat saya ketagihan membaca lembar demi lembar dari isi novel ini hingga ludes dalam waktu beberapa jam. Novel ini terdiri dari dua sudut pandang. Pada bagian awa dikisahkan dari sudut pandang Sei dan pada beberapa halaman menuju ending, sudut pandang Ai disuguhkan. Memang terlihat sedikit perbedaan. Sei yang diceritakan di awal terkesan sedikit mellow sementara Sei yang dikisahkan dari sudut pandang Ai terkesan sangat keren. Jujur saya lebih suka Sei dari sudut pandang Ai.

Meski dalam novel ini, latar settingnya sangat lemah, tapi dari segi alur cerita dan bahasa sangat kuat. Mungkin kelebihan yang dimiliki novel ini adalah dari segi bahasanya yang saya rasa sangat kuat untuk menggambarkan perasaan Sei yang memendam cintanya selama bertahun-tahun pada Ai. Dari segi karakter, karakter tokoh utama lumayan kuat. Saya sebenarnya tidak terlalu suka dengan karakter Sei yang menurut saya kurang berani dan kurang kuat jika dibanding tokoh Shin. Tapi jika melihat karakter Sei dari sudut pandang Ai, saya bisa merasakan karakter Sei yang keren dan cool.

At lease, saya sangat suka novel ini karena gaya bahasa mba Winna. Saya akan memberikan empat bintang untuk mba Winna.

 

 

Judul Buku: Ai

Pengarang: Winna Effendi

Penerbit Buku: Gagas Media

Tahun Terbit: 2012 (cetakan kedua)

Jumlah Halaman: 282 halaman

Harga Buku: Rp 33.200

Advertisements