Tags

, ,

Menulis Sastra“Kendala menulis letaknya bukan di fasilitas, melainkan di dalam jiwa kita.”

(Salim A. Fillah [1], dalam buku karangan Satria Nova, Ternyata Menulis Itu Mudah dan Menghasilkan Uang, 2011, halaman 28)

Seringkali kita menunda kegiatan kita menulis dengan banyak sekali mengatasnamakan tudingan terhadap fasilitas untuk menulis, karena tidak punya komputer, buku literasi kurang, tidak ada modem, harus minjam laptop teman, lagi tidak punya waktu luang, kamar terlalu berisik, dan masih banyak rentetan alasan menyangkut kendala untuk menulis.

Ternyata, bukan cuma saya atau Anda yang mengalami “pengkambinghitaman” fasilitas ketika hendak menulis. Bahkan, penulis-penulis yang telah sukses pun mengalami hal yang sama sebelumnya. Tetapi, penulis-penulis tersebut berhasil untuk mengalahkan godaan dan tidak terlarut dalam problematika itu secara berkepanjangan.

Memang, hal paling sulit untuk kita lawan atau hadapai dalam pertarungan adalah diri kita sendiri. Tetapi, apabila kita berhasil keluar sebagai pemenang. Maka, kita akan takjub dengan hasil yang bisa kita raih tersebut.

Beberapa tips penting yang perlu dilakukan agar kita bisa menang melawan diri adalah:
1. Paksa diri Anda untuk menulis, bahkan sebuntu apapun ide dalam kepala. Tulis apapun yang melintas di kepala, dan biarkan dia mengalir seperti air.
2. Tepis jauh-jauh rasa malas, takut, dan tidak percaya diri.
3. Buatlah target. Intimidasi diri Anda sendiri dengan target. Target. Dan target.
4. Disiplin.
5. Bergaul dengan komunitas penulis.

Sumber: id.shoong.com

Advertisements