Tags

, , ,

Kawah RotoruaKalian pernah datang ke Rotorua? Bagi kalian yang sudah pernah pergi ke sana pasti akan ketagihan ingin pergi ke sana lagi. Apalagi bagi para penggila olahraga ekstrem yang menantang dan memacu adneralin. Rotorua adalah daerah Selandia Baru, North Island.  Selandia Baru adalah negara termuda di muka bumi, bisa dibilang dataran terakhir yang ditemukan. Suku Maori adalah orang pertama yang pindah ke Selandia Baru pada seribu tahun lalu. Rotorua akan memikat dengan keajaiban panas bumi dan pengalaman mengenai budaya yang unik. Rotorua memiliki petualangan budaya yang telah dikembangkan dengan baik, dari terjun payung ke zorbing.

Di kedalaman hutan Tamaki Maori Village, kita akan mendapatkan gambaran yang jelas mengenai bagaimana gaya hidup dan tradisi Maori, dari masa pra-Eropa hingga saat ini. Lihat dan pelajarilah seni tradisional Maori yang terpelihara di New Zealand Maori Arts and Crafts Institute.

Bagi perempuan yang suka spa, disinilah salah satu spa terbaik di dunia, spa panas yang jernih di Baths Blue, yang menampilkan bangunan masa lalu yang penuh warna. Ada hidangan di lantai atas dan pemandangan dari Government Gardens yang cantik. Bisa menambah relaks saat melakukan spa. Kunjungi pula situs penggalian di Te Wairoa, sebuah desa yang terkubur oleh letusan Gunung Tarawera pada 1886. Rotorua adalah salah satu spa kesehatan terbaik di New Zealand.

Danau Rotorua, meski terlihat indah dan damai, memiliki sejarah yang kejam. Gunung berapi besar di kawasan itu meletus sekitar 200 ribu tahun yang lalu, menciptakan kaldera bergaris tengah 16 km. Kaldera itu kemudian terisi air dan menjadi danau terbesar kedua di North Island. Rotorua dan 15 danau lainnya di daerah itu terhubung dengan kaldera Rotorua dan Gunung Tarawera.

Meluncur di RotoruaIni dia yang paling dicari dari Rotorua, kegiatan yang memacu adneralin. Rotorua menjanjikan kepuasan bagi para pecandu adrenalin, bahkan yang tingkatnya parah sekali pun dijamin bakal terpuaskan jika mencoba olahraga ini. Banyak kegiatan yang akan memacu sensasi dan adrenalin kalian. Kita dapat mencoba terjun payung tandem lebih dulu dari ketinggian 4500 meter. Meloncat dari atas pesawat adalah pengalaman sekali dalam seumur hidup juga wajib dicoba. Meluncur jatuh dari 4500 meter memberikan kita kesempatan melihat danau dan hutan di Rotorua yang tak tertandingi indahnya.

Kita juga bisa meluncur di atas scree dari lereng curam yang penuh kerikil  di Gunung Tarawera atau Gunung Ngongotaha. Di sini jangan heran kalau kamu mendengar jeritan-jeritan peluncur lain di udara, karena kalian sendiri juga pasti akan berteriak ga kalah kencangnya. Ini adalah tempat sempurna untuk arung jeram di Selandia Baru.

Nah, ada lagi nih kegiatan yang populer sepanjang tahun, yang juga bisa bikin kita deg-degan. Kita bisa menantang arus di Sungai Kaituna (tingkat lima), Wairoa (tingkat lima) dan Rangitaiki (tingkat empat). Benar-benar tantangan. Di Sungai Kaituna kita akan menghadapi air terjun Tutea setinggi 7 meter dan air terjun tertinggi yang secara komersial diarungi.

ZorbingUntuk beberapa sensasi turunan, zorbing merupakan petualangan gila lainnya.  Kita masuk kedalam “Zorbonauts” dan berputar-putar ke bawah lereng bukit yang curam di dalam sebuah bola karet besar yang berisi udara. Bayangkan kalau sampai melesat dari jalur. Bisa tambah deg-degan. Jika posisi kita tidak seimbang siap-siap dibuat mual karena berputar-putar. Tapi jangan takut karena Zorbing ini cukup savety kok.

Setelah kita puas merasakan naik turunnya adneralin, cobalah untuk naik ke atas perahu jet untuk menyusuri sungai Waikato melalui ngarai Tutukau yang spektakuler. Temukan flora dan fauna asli dan salah satu atraksi paling populer di Selandia Baru yaitu panas bumi dalam safari Riverjet termal.

Jika kalian datang berpasangan, yang wanitanya bisa mencoba spa dan yang laki-laki bisa mencoba kegiatan yang menantang adneralin. Atau boleh juga dilakukan berdua jika mau. Tapi jangan coba-coba yah untuk penderita jantung mencoba kegiatan yang menantang adneralin ini, wah bisa langsung mati di tempat nanti.

Sumber: berbagai sumber

Dimuat di www.jadiberita.com

Advertisements