Tags

,

Menulis ArtikelTujuan sebuah tulisan adalah mewartakan kepada public atau masyarakat. Menyajikan tulisan yang baik dan dibaca banyak orang adalah kebanggaan tersendiri bagi penulis. Bagi kalian yang menyukai dunia tulis menulis berikut ada beberapa kiat yang sangat membantu untuk penulis pemula, yaitu:

1. Menentukan Tema dan Judul

Sebelum memulai membuat sebuah tulisan, ini adalah langkah pertama yang harus dilakukan oleh penulis. Menentukan tema atau topik yang akan dibahas dapat dilakukan dengan mencari ide atau gagasan lewat searching majalah, koran, internet. Setelah tema didapat hendaknya langsung memberi judul yang pas untuk tulisan kita.

2. Membuat Kerangka

Setelah tema dan judul didapat, buatlah kerangka tulisan sesuai paragraph. Hal ini mungkin terlihat merepotkan, tapi ini sangat penting agar tulisan yang kita bahas menjadi terarah dan tidak membias. Dari kerangka-kerangka tersebut dapat kita kembangkan menjadi paragraph-paragraf. Membuat kerangka tulisan mengantisipasi kehabisan ide. Jika kita membuat kerangka, kita tidak akan kehabisan idea tau kata-kata karena sudah ada kerangka yang kita buat dan kita tinggal mengembangkan.

3. 5W+1H

Hal ini tampaknya tidak akan lepas dari kiat menulis yang benar. Unsur dasar What, Who, Where, When, Why, dan How sangat penting jika kita ingin menyajikan sebuah tulisan yang mewartakan. Dalam menyajikan tulisan unsur apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana sangat perlu dalam menyusun kerangka.

4. Pemilihan Bahasa

Ini adalah satu satu hal yang bisa menarik pembaca. Pemilihan bahasa yang akan digunakan hendaknya disesuaikan dengan sasaran pembaca. Misalkan untuk kalangan remaja tidak perlu memakai bahasa yang formal, tetapi untuk kalangan pebisnis atau orang dewasa hendaknya memakai bahasa yang formal. Bahasa yang digunakan harus lugas, menarik, dan interaktif. Usahakan bahasa yang dipakai dapat berinteraksi dengan pembaca sehingga pembaca betah membaca tulisan kita. Setiap penulis ada ciri tersendiri, karena itu gaya bahasa yang khas diperlukan untuk mengidentifikasi tulisan yang kita buat agar pembaca tahu ciri khas tulisan kita.

5. Panjang Pendek Tulisan

Tulisan yang kita buat hendaknya tidak bertele-tele. Ringkas, padat, dan jelas sehingga pembaca tidak bosan membaca. Biasanya tulisan berkisar antara 500-800 kata. Jika tulisan lebih dari 800 kata buatlah menjadi dua bagian. Tulisan yang terlalu panjang akan membuat pembaca malas berlama-lama membaca tulisan kita.

6. Sudut Pandang Positif

Dalam menulis suatu artikel atau berita hendaknya kita selalu melihat dari sisi positif. Tulisan yang bermuatan positif terbukti banyak menarik pembaca, terutama hal yang berisi pemecahan permasalahan, solusi, maupun kiat-kiat. Pembaca akan merasa mendapatkan informasi dari tulisan yang kita buat.

7. Perhatikan EYD

Hal-hal kecil seperti EYD (Ejaan yang Disesuaikan) harus kita perhatikan, karena kesalahan dalam penulisan huruf juga dapat mempengaruhi makna dari kata tersebut. Tanda baca juga perlu diperhatikan. Kalau tulisan kita berantakan, pembaca pun enggan membaca tulisan kita.  Selain itu jika kita menaruh link dalam tulisan kita, hendaknya kita menaruhnya dengan apik dan tidak terlalu banyak link karena akan membuat pembaca malas.

8. Gambar yang Sesuai

Hal ini kadang-kadang terlepas dari pengawasan kita. Mungkin karena peletakan gambar merupakan hal terakhir yang dilakukan penulis sehingga kadang luput dari pengawasan. Memilih gambar untuk tulisan kita hendaknya gambar yang sesuai dengan tema dan judul, kualitas gambar bagus dan resolusinya besar sehingga gambar tidak pecah.

By: Merna A.N

Advertisements