Tags

Sirkulasi surat kabar memasuki era baru. Sejumlah surat kabar internasional menunjukkan peningkatan sirkulasi untuk edisi Minggu. Edisi harian justru menurun. Los Angeles Times, misalnya, mengalami kecenderungan seperti itu. Angka tersebut dihitung enam bulan yang berakhir 31 Maret.

Penerbit Los Angeles Times, Eddy W. Hartenstein, mengatakan angka sirkulasi di hari Minggu tersebut merupakan yang terbaik dalam delapan tahun terakhir. Sirkulasi harian sedikit menurun paling tidak dalam enam tahun.

Biro Audit Sirkulasi dalam laporan yang dirilis pada Selasa 3 Mei 2011 menyebut untuk periode enam bulan rata-rata sirkulasi Los Angeles Times edisi Minggu meningkat menjadi 948.889 dari 941.914 pada tahun sebelumnya. Sirkulasi harian rata-rata adalah 605.243, dibandingkan dengan 616.604 setahun sebelumnya.

“Ini satu cara yang mencoba membuat industri ini terlihat lebih baik, tapi juga pengakuan bahwa industri telah berubah,” kata analis industri John Morton. Angka-angka sirkulasi dirilis dua pekan setelah LA Times memenangi dua hadiah Pulitzer, termasuk penghargaan bergengsi Layanan Publik untuk sebuah liputan investigasinya.

Sirkulasi surat kabar lain juga menunjukkan angka peningkatan untuk edisi Minggu, dan penurunan edisi harian. Sebanyak 17 dari 24 surat kabar nasional mengalami penurunan sirkulasi untuk edisi harian.

The Wall Street Journal menduduki posisi pertama sebagai surat kabar nasional terbesar dengan sirkulasi harian sekitar 2,1 juta. Hal itu diikuti USA Today dengan angka 1,8 juta dan New York Times hampir 917 ribu. Los Angeles Times tetap masuk posisi keempat terbesar.

Di Southern California, sirkulasi harian di Orange County Register turun 7 persen, dan sirkulasi Minggu naik 2,7 persen. Pada Daily News di San Fernando Valley, sirkulasi naik 4,9 persen pada hari kerja dan 3,4 persen pada hari Minggu.

The Long Beach Press-Telegram naik 16 persen pada hari kerja dan 0,2 persen pada hari Minggu. San Diego Union-Tribune melihat penurunan sirkulasi di seluruh papan, turun 12,4 persen pada hari kerja dan 4,7 persen pada hari Minggu.

Sumber: tempointeraktif.com

Advertisements