Tags

,

Industri yang tidak pernah ada matinya selain industri makanan adalah industri fashion. Bagi para kaum hawa tentunya fashion adalah kebutuhan hidup. Belakangan ini fashion tidak hanya membidik kaum hawa, tetapi kaum adam pun sekarang menjadikan fashion salah satu kebutuhan hidup. Industri yang tumbuh dengan cepat ini tentunya menyimpan banyak fakta di dalamnya, sejarah industri fashion dunia ternyata menyimpan banyak rahasia yang mungkin belum Anda ketahui. Mari kita simak fakta-fakta yang terdapat dalam dunia fashion.

Fakta 1: Kenapa Ada Kancing di Lengan Baju?

Semua orang pasti tahu tentang deretan kancing yang melekat di lengan jaket atau kemeja, namun tahukah Anda bahwa Napoleon Bonaparte merupakan orang pertama yang mengusulkan ide tersebut? Dia meminta para penjahit membubuhkan beberapa kancing pada lengan baju agar para tentara tak dapat membersihkan hidung dengan lengan pakaian mereka.

Fakta 2: Kenapa Ada Emansipasi Busana Anak?

Pada masa kini, fashion anak dinilai sama pentingnya seperti fashion wanita atau pria dewasa, dan hal itu dikarenakan setiap ibu menginginkan buah hati mereka terlihat manis dan trendy. Namun tahukah Anda bahwa model busana khusus anak baru lahir sekitar 200 tahun silam? Sebelumnya, anak-anak harus berpakaian dengan model busana mirip orang dewasa yang ukurannya dikecilkan.

Fakta 3: Model Manusia Gusur Model Boneka

Hingga abad 19, tidak pernah ada model manusia yang diberdayakan untuk memeragakan karya para designer kepada para pelanggan, sebab para desainer masa itu selalu menggunakan boneka kecil sebagai model untuk hasil-hasil rancangan mereka.

Fakta 4: Pajak untuk Jenggot

Zaman sekarang, terdapat begitu banyak selebritis pria yang bangga ketika tampil berjenggot, katakanlah seperti Brad Pitt, Robert Pattinson, George Clooney, dan lain-lain. Untungnya mereka tidak hidup di Rusia pada masa pemerintahan kaisar Peter Yang Agung, sebab jika demikian, maka mereka harus membayar pajak khusus untuk jenggot tersebut. Pajak ini ada agar pria Rusia ‘didesak’ untuk mencukur jenggot mereka agar dapat terlihat lebih stylish sebagai pria Eropa.

Fakta 5: Thong pun Tercipta Secara Tak Sengaja

Thong dan tanga modern pertama kali dibuat di New York atas pesanan walikota Fiorello Henry La Guardia. Pria berkacamata ini merasa malu ketika melihat para penari menari telanjang, sehingga ia memesan celana dalam super mini untuk mereka tampil. Di sinilah asal muasal Thong tercipta.

Fakta 6: Kenyamanan Berbusana Pernah Lebih Unggul

Barang-barang buatan tangan biasanya dianggap fashionable dan sangat bernilai karena kesan eksklusifnya. Namun, hingga tahun 1850, 70% orang biasa membuat pakaian untuk diri mereka sendiri, dan fashion atau kecantikan bukanlah nomor 1, kenyamanan adalah hal utama pada masa itu, sehingga industri fashion sangat terbatas jumlahnya karena hanya sedikit yang membeli.

Fakta 7: Perhiasan Mulanya Bukan untuk Wanita

Bisa dibilang bahwa wanita modern zaman sekarang tak bisa hidup tanpa perhiasan. Kembali ke zaman dulu, kaum prialah yang sebenarnya pertama kali mengenakan perhiasan, dan semua itu demi mengukuhkan status sosial mereka. Semakin banyak perhiasan yang mereka kenakan semakin jantan dilihat oleh para gadis.

Fakta 8: Rambut Pendek Artinya Tidak Setia

Potongan rambut pendek merupakan hal yang umum sekarang dan tak seorangpun akan terkejut ketika seorang wanita memangkas habis rambutnya. Namun zaman dulu, potongan rambut pendek biasa dipakai untuk melambangkan ketidak-setiaan seorang wanita sebagai istri.

Fakta 9: Cantiknya Perut Buncit

Tren hamil di Hollywood tak hanya populer pada zaman sekarang, sebab pada abad ke-15, kehamilan merupakan sesuatu yang dianggap fashionable. Hal ini membuat para gadis yang tidak hamil rela menyematkan bantal khusus di balik pakaian mereka agar tampak cantik seperti wanita hamil.

Fakta 10: Tren cukur alis

Hari-hari ini, penampilan alis natural sangat digemari, namun selama masa Renaissance, para fashionista justru berlomba-lomba untuk mencukur habis alis mereka agar terlihat cantik. Tren cukur alis ini terinspirasi oleh lukisan Monalisa. Monalisa yang mencukur habis alisnya ketika lukis menjadi inspirasi bagi para gadis pada masa itu karena mencukur alis merupakan lambang kecantikan seorang gadis pada masa itu.

Dimuat di www.jadiberita.com

Advertisements