Tags

Bagaimana Anda menjalani awal tahun pada pernikahan Anda? Kebanyakan orang pasti akan menyatakan bahagia dalam awal tahun pernikahan. Kemesraan Anda dan pasangan pasti akan langsung menunjukkan kalau Anda adalah pasangan yang baru saja menikah. Situasi seperti ini tentunya harus terus dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya. Kami memberikan 15 tips khusus supaya kemesraan Anda dan pasangan tetap utuh sampai tahun-tahun berikutnya, yaitu:

1. Selalu Penuh Perhatian

Jadilah pendengar yang baik. Jangan sampai ia merasa dinomor-duakan. Kalau apa yang sedang Anda kerjakan memang tidak bisa ditunda, katakan saja, “Sebentar ya sayang, aku akan mendengarkan cerita lucumu setelah yang satu ini..” Meski hati masih gundah gulana, si dia pasti senang mendengarnya. Berikan juga perhatian-perhatian kecil yang dapat membuatnya senang.

2. Melakukan Aktivitas Bersama

Luangkan waktu Anda dengan melakukan aktvitas bersama, usahakan Anda memiliki hobi yang sama, sehingga Anda akan lebih sering menghabiskan waktu bersamanya. Kebersamaan itu akan berguna untuk melewati masa-masa sulit yang bisa saja menerpa kehidupan pernikahan.

3. Bahagiakan Pasangan

Sebuah senyuman manis dari Anda untuk dia sebagai pembuka hari pasti akan membuatnya super bahagia dan siap menghadapi hari yang panjang dan keras. Selalu menjaga kebahagiaan Anda dan pasangan. Jangan pernah merusaknya dengan hal-hal yang sepele.

4. Menjaga Sopan Santun

Jangan pernah lupa mengucapkan kata “tolong”, “terima kasih”, atau “apakah kamu keberatan, jika…” dan sebagainya. Dengan demikian, Anda dan pasangan akan tetap merasa dihargai.
5. Saling Menghargai Privasi

Jangan terlalu memasuki area privasi pasangan. Apalagi memaksa masuk dengan rasa ingin tahu. Selain itu, hindari juga bergosip dengan orang lain tentang apa yang telah dibicarakan pasangan Anda. Hargailah si dia dengan menjaga rahasianya.

6. Penyelesaian Masalah

Jika tidak bisa memenuhi permintaan pasangan, usahakan menolak dengan lembut. Lalu, jika pasangan sedang melakukan aksi protes terhadap tindakan yang Anda lakukan, ada baiknya Anda tak bersikap defensif. Coba tenang dulu dan jelaskan mengapa Anda berbuat hal itu.

7. Pertahankan Bara Cinta

Jagalah rasa ketertarikan antara Anda dan pasangan. Selalu terbuka dan saling mengungkapkan perasaan adalah salah satu cara jitu untuk menambah kemesraaan. Setiap orang perlu dicintai. Jadi pastikan pasangan selalu menerimanya dari Anda.

8. Kurangi Hobi Membanding-bandingkan

Meski yang Anda bandingkan memang lebih baik darinya, terimalah dia apa adanya karena ia sudah Anda pilih untuk menjadi pasangan seumur hidup.

9. Ungkapkan Dengan Kata-kata

Jangan harapkan pasangan selalu bisa membaca pikiran Anda. Cobalah untuk menyatakan permintaan, keinginan, pernyataan atau sekadar perasaan. Setelah itu beri si dia kesempatan untuk memberikan respon. Hilangkan kebiasaan berbasa-basi.

10. Perhatikan Masalah Pertama yang Muncul

Dua tahun masa pernikahan adalah masa yang paling rentan bagi pasangan muda. Saat ini adalah saat yang paling penting bagi pasangan untuk belajar bekerjasama dan beradaptasi menjalani kehidupan rumah tangga yang baru dimasuki.

11. Minimalkan Konflik Keuangan

Cobalah untuk membuka account masing-masing dan joint account. Anda dan si dia harus mempunyai kesadaran untuk menyelesaikan sendiri kewajibannya apabila punya tagihan pribadi yang lebih besar dari biasanya, sebelum terjadi perdebataan ataupun protes dari pasangan.

12. Atur Waktu Khusus untuk Menyelesaikan Konflik

Luangkan waktu untuk menyelesaikan masalah yang sedang Anda alami berdua. Percayalah, menumpuk masalah ibarat menyimpan bom waktu yang sewaktu-waktu dapat meledak.

13. Pentingnya Saling Memaafkan

Ketika Anda akan memaafkan pasangan, tekankan padanya bahwa Anda bukan membenarkan perbuatannya, melainkan sedang berusaha “melupakan” masalah tersebut agar tidak mencemari hubungan Anda berdua terlalu lama.

14. Perhatikan Sikap dan Tindakan Anda Berdua

Hindari perdebatan saat Anda dan si dia masih sama-sama dalam keadaan “panas”. Karena salah-salah, Anda berdua bisa saling mengeluarkan kalimat tajam yang sangat menyakitkan. Efeknya bisa menimbulkan kerusakan jangka panjang.

15. Tetap Bertanggung Jawab

Anda boleh marah pada si dia,tapi jangan pernah lupakan tanggung jawab yang seharusnya Anda lakukan untuk pasangan. Mengabaikan apa yang menjadi kewajiban terutama di saat “genting” bisa mengakibatkan keadaan semakin keruh.

By: m3y2_cHaN

Advertisements